Jalan-jalan ke kawah putih

shares |

PETUALANGANKU- Kali ini saya akan bercerita salah satu tempat wisata yang sayang jika anda lewatkan. Jika anda sedang berada di Bandung, cobalah untuk jalan-jalan ke kawah putih.
Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari Gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 8-22°C. Di puncak Gunung Patuha itulah terdapat Kawah Saat, saat berarti surut dalam Bahasa Sunda, yang berada di bagian barat dan di bawahnya Kawah Putih dengan ketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut. Kedua kawah itu terbentuk akibat letusan yang terjadi pada sekitar abad X dan XII silam.Kawah Putih ini terletak sekitar 46 km dari Kota Bandung atau 35 km dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang, menuju Ciwidey.
Sekitar bulan Desember 2011 lalu, saya dan ketiga temen saya sepakat untuk berpetualang di bandung dan jalan-jalan di kawah putih. Kami berangkat dari jogjakarta dengan sepeda motor melewati jalur selatan. Singkat cerita setelah sempat tanya sana sini akhirnya kami sampai juga di kawah putih. Sempat kaget juga, ternyata karena cuaca sedang buruk dan banyak pohon yang tumbang akibat badai ,obyek wisata tersebut sudah ditutup selama satu minggu. Akan tetapi keberuntungan masih berpihak pada kami,setelah menunggu hampir 4 jam akhirnya obyek wisata kawah putih kembali dibuka. Jarak dari pintu masuk sampai ke kawah putih masih jauh. Karena cuaca sedang buruk maka untuk mencapai kawah putih, setiap pengunjung harus naik mobil yang telah disediakan oleh pengelola setempat. Untuk menggunakan mobil ini anda harus merogoh gocek Rp 25.000,00 itupun harus menunggu sampai penumpang penuh dan juga harus pinter-pinter nego.
Begitu sampai di kawah putih ,hanya rasa takjum dan kagum yang terlintas difikiran saya. Hamparan air yang berwarna putih kehijauan dikelilingi dengan batu dan tanah yang berwarna putih. Sungguh pemandangan yang luar biasa. Pepohonan yang berada di dekat kawah terlihat cukup gersang bahkan hanya berupa batang saja, tetapi yang jauh dari kawah terlihat sangat hijau. Begitu kontras.. Terlebih lagi langit yang sangat bersih berwarna biru menghias di atas kawah.
wisata bandung, wisata alam, kawah putih, ciwedey
hamparan air putih kehijauan dikelilingi batu dan tanah berwarna putih


wisata bandung, wisata alam, kawah putih, ciwedey
  Pepohonan yang berada di dekat kawah terlihat  hanya berupa batang saja
Kawah putih di sini cukup luas. Warna airnya bisa berubah-ubah tergantung cahaya matahari. Bau belerang sangat menyengat disini, sehingga pengunjung disarankan tidak lebih dari 15 menit, karena lebih dari itu pernafasan kita akan terganggu.  Maka, ada beberapa titik pada kawah ini yang dipasangi peringatan agar tidak terlalu dekat untuk menghindari keracunan asap belerang.
wisata bandung, wisata alam, kawah putih, ciwedey
                               saya dan ketiga teman saya
Nah jika anda suka berpetualang ataupun suka dengan wisata alam, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat ini. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan.Mengingat tiket yang cukup mahal dan anda juga tidak bisa berlama-lama untuk terus berada disana. Jika anda akan jalan-jalan ke kawah putih, saya sarankan untuk mengunjungi Pesona Situ Patengan Di Ciweday, Danau Di Tengah Kebun Teh yang letaknya tak jauh dari kawah putih.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment