Daftar Pantai Di Wonosari Gunung Kidul Dan Sekitarnya

shares |

Daftar Pantai Di Wonosari Gunung Kidul Dan Sekitarnya- Dari 5 kabupaten yang ada di yogyakarta, mungkin Kabupaten Gunung Kidul yang paling tersohor dalam hal urusan wisata alam. Selama ini mungkin gunung kidul dikenal dengan daerah yang gersang dan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air. Namun akhir-akhir ini wisata di gunung kidul berkembang sangat pesat. Mulai dari caving atau susur gua, air terjun dan yang paling menyedot perhatian pengunjung adalah wisata pantainya. Deretan pantai di gunung kidul dengan pasir putih, serta bukit-bukit kapur yang mengelilinginya memang terlihat begitu indah. Berikut ini adalah sejumlah pantai yang ada di wonosari gunung kidul dan sekitarnya.
Daftar Pantai Di Wonosari Gunung Kidul Dan Sekitarnya
peta lokasi pantai di gunung kidul

Daftar Pantai Di Wonosari Gunung Kidul Dan Sekitarnya:
Pantai ngobaran memiliki keindahan berupa hamparan rumput laut serta biota laut di bibir pantai. Untuk menuju kebibir pantai sobat harus turun dari bukit melewati beberapa puluhan tangga. Pantai ngobaran juga memiliki sejarah panjang yang melatar belakanginya. Nama ngobaran di ambil dari kobaran api dari upacara muksa yang dilakukan oleh raja terakhir majapahit yaitu Prabu Brawijaya V.
Jika diantara sobat ada yang memiliki hobi mancing, pantai ngrenehan inilah pilihanya. Ketika malam minggu tiba puluhan pemancing berjejer di atas bukit yang bernama bukit biting. Pantai ngrenehan terletak bersebelahan dengan pantai ngobaran.
3. Pantai baron
Diantara pantai-pantai yang ada di gunung kidul, pantai baron inilah yang mungin paling dkenal oleh masyarakat jogja dan sekitarnya. Tidak seperti pantai di gunung kidul pada umumnya, pantai baron tidak berpasir putih. Di area pantai baron terdapat pasar yang menjual ikan segar. Pada hari-hari tertentu di pantai baron juga ada kesenian tradisional seperti reog.

4. Pantai Kukup
Ombak di pantai kukup gunung kidul ini sangat landai, selain itu di pantai kukup terdapat batu-batu karang yang besar salah satunya bernama jumino. Pantai kukup terletak di sebelah timur pantai baron.
5. Pantai Sepanjang
Seseai namanya, pantai sepanjang memiliki garis pantai yang paling panjang diantara pantai-pantai lainya. Pantai ini juga dikenal dengan sebutan pantai kutaning jawa.
6. Pantai Krakal
Ombaknya yang landai, tak heran jika pantai krakal sering dikunjungi oleh para surfer. Biasanya para surfer yang datang adalah surfer pemula yang belajar menakhlukan ombak.
Sekilas Pantai sadranan gunung kidul memang terlihat sepi. Namun itulah yang membuat menarik. Suasana pantai yang putih bersih dan sunyi, seolah membuat pantai ini milik kita sendiri. Sobat bisa bebas melakukan apa saja, seperti kemping atau hal lainyal. Ketika senja menjelang sobat bisa melihat keindahan sunset di pantai sadranan.
8. Pantai Sundak
Jika dilihat dari namanya memang cukup unik dan aneh. Pantai sundak di gunung kidul ini berasal dari dua kata yaitu asu dan landak. Dalam bahasa jawa asu berarti anjing. Entah bagaimana ceritanya hingga kedua hewan tersebut dijadikan nama sebuah pantai. Pantai sundak tidak cukup luas, namun pasir putih dan ombaknya yang landai membuat sobat betah berlama-lama mandi disini.

Akhir-akhir ini pantai indrayanti di gunung kidul diserbu oleh ratusan hingga ribuan pengunjung ketika hari libur tiba. Hal ini cukup beralasan, selain sobat bisa mandi di pantai sobat bisa menikmati makanan di restoran-restoran yang menghadap kelaut yang berada tepat dibibir pantai. Beberapa homestay juga ada di area pantai indrayanti. Memang pantai indrayanti memiliki fasilitas yang paling wah jika dibanding pantai di gunung kidul lainya.
Pantai pok tunggal gunung kidul adalah salah satu dari pantai di gunung kidul yang baru dikembangkan. Sobat bisa naik ke bukit yang berada di sisi barat dan timur pantai pok tunggal. Namun ketika sobat naik ke bukit sebelah timur cukup menantang adrenalin. Karena sobat akan melewati papan kayu yang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi jalan untuk melintasi tebing yang kemiringanya 90 derajat.
Diantara pantai-pantai di gunung kidul, pantai timanglah yang paling menguji adrenalin. Dipantai timang terdapat jembatan tali yang menghubungkan ke batuan besar yang disebut pulau panjang. Menyebarang ke pulau panjang dengan jembatan tali sangat menguji adrenalin, karena jembatan tersebut adalah jembatan sederhana yang dibuat oleh warga setempat.

Jika ditanya tentang pantai terunik di pantai gunung kidul, maka pantai joganlah jawabanya. Di pantai jogan terdapat air terjun yang langsung mengalir kelaut. Sebuah pemandangan yang langka untuk ditemukan di tempat lainya. Namun ketika musim kemarau sayangnya di air terjun tersebut tidak mengalir.
13. Pantai Siung
Di pantai siung sangat terkenal dengan tempat untuk aktifitas panjat tebing. Tebing di pantai siung ini sangat terkenal karena memiliki 250 jalur.
14. Pantai Wedi Ombo
Jika dilihat dari asal kata, wedi berarti pasir sedangkan ombo berarti luas. Jadi pantai wedi ombo ini adalah pantai yang memiliki pasir yang luas. 
Sama halnya pantai sadranan, pantai jungwok sangat cocok untuk aktifitas kemping. Namun sayangnya belum ada akses jalan yang memadahi untuk menuju pantai jungwok. Jika sobat ingin menuju pantai jungwok, maka terlebih dahulu menuju pantai wedi ombo untuk menitipkn kendaraan. Setelah itu perjalanan diteruskan dengan jalan kaki sekitar 1 jam.

Itulah tadi daftar pantai yang ada di gunung kidul. Mulai dari pantai yang syarat sejarah, pantai untuk mancing, pantai untuk belajar surfing, pantai untuk kegiatan kemping, pantai yang memiliki fasiltas yang bagus, pantai yang menguji adrenalin, pantai yang unik, dan pantai untuk panjat tebing semua ada disini. Tertarik untuk mengunjungi pantai di gunung kidul? Pantai-pantai tersebut berdekatan satu dengan yang lainya, jadi bukan tidak mungkin sobat bisa menyusuri semua pantai gunung kidul dalam satu hari.

Related Posts

1 komentar

  1. tips bagi wisatawan:
    1.pilih tempat makan yang ada list harga makanannya.
    2.sebaiknya kalau berangkat pagi-pagi untuk menghindari kemacetan terutama pada saat musim liburan.
    3.kalau mau beli foto dari fotografer amatiran jangan mau kalau lebih dari 10Rb(ini batas maksimal karena mrk sdh mdpt keuntungan 100%).
    4.pakai pakaian yang nyaman dan bawa baju ganti
    5.lebih baik bawa minuman kemasan dari rumah karena harga di sana sering tidak masuk akal.

    ReplyDelete