Air Terjun Maribaya Di Sebelah Utara Bandung

shares |

Air Terjun Maribaya Di Sebelah Utara Bandung-Kalau di sebelah selatan bandung mempunyai kawasan wisata ciweday dengan kawah putih sebagai wisata utamanya, maka disebelah utara bandung juga memiliki lokasi wisata yang tak kalah menarik yaitu Maribaya. Maribaya adalah sebuah daerah yang terletak di utara bandung atau di timur lembang. Wisata maribaya memang sudah terkenal sejak dulu dengan wisata alam dan hawa sejuknya. Jika dulu kawasan ini terkenal dengan pemandian air panasnya, saat ini lebih dikenal alamnya yang masih asri dengan beberapa air terjun didalamnya.

Air Terjun Maribaya Di Sebelah Utara Bandung
Air Terjun Maribaya Di Sebelah Utara Bandung
Kawasan Wisata Maribaya terletak sekitar 20 km dari kota bandung atau sekitar 5 km dari lembang. Saat ini para pengunjung lebih tertarik untuk mengunjungi air terjun, dibanding wisata lainya di maribaya. Menikmati keindahan air terjun sambil menyantap jagung bakar di bawah rindangnya pepohonan di maribaya bisa menjadi solusi untuk mengatasi kepenatan akibat aktifitas sehari-hari. Ada tiga buah curug atau air terjun yang akan menemani sobat di maribaya yaitu Curug Cikawari, Cigulong dan Cikoleang. Menariknya ketiga buah air terjun tersebut bersumber dari dua buah sungai yaitu sungai cigulung dan sungai cikawari. Bagi sobat yang ingin merasakan pemandian air panas, juga terdapat kolam pemandian air panas. Menurut cerita pemandian air panas tersebut bisa menyembuhkan beberapa penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Legenda Maribaya
Maribaya berasal dari nama seorang putri yang cantik. Konon putri tersebut menjadi rebutan pemuda di daerahnya. Karena ayah maribaya yang tergolong orang yang tidak mampu khawatir dengan keselamatan putrinya, ia kemudian bertapa di tangkuban prahu. Disana ia mendapatkan sebuah petunjuk untuk menumpahkan bokor ditengah hutan. Setelah ditumpahkan kemudian keluarlah air panas dari dalam tanah. Air panas tersebut kemudian digunakan untuk pengobatan penyakit, sehingga banyak orang berkunjung setelah kejadian itu. Sejak saat itulah kawasan tersebut dinamai dengan maribaya.

Jalan Menuju Maribaya
Untuk menuju maribaya bisa melewati tol pasteur kemudian belok kiri arah lembang. Setelah sampai di lembang, kemudian perjalanan dilanjutkan ke arah timur yaitu ke maribaya sekitar 5 km. Jika menggunakan angkot dari bandung, pilihlah angkot jurusan ledeng. Kemudian dari ledeng naik angkot lagi jurusan lembang. Sesampainya di lembang tersedia angkot jurusan maribaya dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Berwisata ke maribaya tak kalah menariknya dengan jalan-jalan ke kawah putih di ciweday.Beberapa fasilitas pendukung seperti panggung hiburan, tempat ibadah, toilet, kuda tunggang, serta kios-kios yang menjual pernak-pernik menjadi pelengkap keindahan maribaya. Tunggu apalagi, ayo segera kunjungi kawasan wisata maribaya di utara kota bandung ini.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment