Legenda Dan Keindahan Gunung Tangkuban Perahu

shares |

Gunung Tangkuban Perahu- Berdiri kokoh disebelah utara bandung, Gunung Tangkuban Perahu terlihat begitu mempesona. Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang masih aktif di jawa barat. Terletak pada ketinggian 2084 meter diatas permukaan air laut membuat suhu udara disini cukup dingin yakni berkisar antara 2 oC hingga 17 oC. Selain memiliki keindahan kawahnya, gunung yang telah dikelola oleh Perum Perhutanan ini juga memiliki legenda yang menyertainya.
Legenda Dan Keindahan Gunung Tangkuban Perahu
Keindahan Gunung Tangkuban Perahu 

Legenda Gunung Tangkuban Perahu 

Asal-usul dari Gunung Tangkuban Perahu ini dikaitkan dengan legenda Sangkuriang yang menjalani cinta terlarang karena jatuh cinta kepada ibunya sendiri yakni Dayang Sumbi. Saking cintanya dengan Dayang Sumbi, Sangkurian berniat untuk menikahinya. Namun dayang Sumbi mengajukan sebuah syarat yang harus dipenuhi sangkurian jika mau menikahinya yang bertujuan untuk menggagalkan pernikahan tersebut. Dayang Sumbi meminta Sangkuriang untuk membuatkan perahu dalam waktu satu malam. Namun Sangkuriang gagal melakukanya,ia pun marah dan menendang kapal tersebut sehingga tertelungkup. Perahu yang dalam keadaan tertelungkup (nangkub dalam bahasa sunda) itulah yang menjadi asal muasal penamaan gunung tangkuban perahu.
Legenda Dan Keindahan Gunung Tangkuban Perahu
Keindahan Gunung Tangkuban Perahu Dari Kejauhan
Wisata Gunung tangkuban Perahu ini terletak di Jl. Raya Tangkuban Perahu No. 147, Lembang, Bandung Barat sekitar 20 Km dari pusat Kota Bandung. Secara geologis Gunung Tangkuban Perahu terbentuk akibat letusan dari Gunung Api Sunda yagn terjadi secara berulang-ulang pada zaman prasejarah. Jika dilihat dari gedung sate, Gunung Tangkuban Perahu terlihat begitu jelas dan benar-benar menyerupai sebuah perahu dalam keadaan terbalik. Keindahan kawah dari Gunung Tangkuban Perahu sudah tidak diragukan lagi. Sobat bisa berfoto-foto di gigiran kawah, sembari menghirup bau khas belerang. Beberapa tempat di areal kawah memang mengeluarakan belerang yang menyengat, bahkan ada satu kawah yang mengandung gas beracun. Sobat juga bisa bertanya-tanya seluk beluk dan informasi mengenai Gunung Tangkuban Perahu dengan menggunakan jasa pemandu /guide
Legenda Dan Keindahan Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu Dipadati Pengunjung
Jalan menuju tangkuban perahu ini bisa dimulai dari kota bandung dengan memulai perjalanan ke Lembang sekitar 7 Km. Perjalanan dilanjutkan kembali mengambil jalur keutara menuju Subang dengan jarak sekitar 7 Km lagi. Nah, setibanya di Cikole yaitu perbatasan antara Lembang dan Subang ada sebuah pertigaan yang juga dilengkapi petunjuk arah untuk menuju tangkuban perahu. Dari titik ini perjalanan dilanjutkan menuju puncak sekitar 4 Km dengan melewati hutan pinus di sisi kiri dan kanan jalan. Sesampainya di kawasan kawah, sobat harus membayar tiket masuk sebesar Rp 17.000,- (januari 2014) dan setelah itu sobat bebas untuk berkeliling di areal kawah Gunung Tangkuban Perahu ini.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment