Indahnya Sunset Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

shares |

Pantai Pok Tunggal itulah sebuah nama pantai yang berada di sebelah barat pantai indrayanti di Gunung Kidul. Meskipun perjalanan menuju lokasi harus melewati jalan yang berbatu, namun sebanding dengan apa yang akan sobat dapatkan di pantai pok tunggal. Hamparan pasir putih membentang dari tebing sebelah barat sampai tebing sebelah timur. Ya, pantai pok tunggal memang diapit oleh dua tebing yang menjulang tinggi. Jika tebing sebelah barat sudah dibuat jalan dengan dicor dan dilengkapi dengan beberapa gazebo dikanan-dan kiri jalan, lain halnya dengan tebing di sebelah timur karena kemiringannya hingga 90 derajat. Sebatang pohon terlihat berdiri diantara ribuan pasir di bibir pantai, yang seolah sudah menjadi ikon dari pantai pok tunggal.
Sunset Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Lokasi Pantai Pok Tunggal berada di Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika dari pantai indrayanti hanya dibutuhkan beberapa menit saja karena letaknya yang cukup berdekatan. Pantai Pok Tunggal memang tak begitu luas, akan tetapi selama ini masih cukup untuk menampung para wisatawan. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh para wisatawan disini adalah berenang, camping, atau sekedar bercengkrama dengan pasangan menikmati keindahan sunset di Pantai Pok Tunggal. Bagi sobat yang berjiwa petualang, cobalah untuk menaiki tebing sebelah timur. Kemiringan di tebing sebelah timur ini mencapai 90 derajat dengan ketinggian sekitar 50 meter.Tebing ini sangat berpotensi untuk kegiatan panjat tebing. Ketika admin berkunjung kesana beberapa waktu lalu, pada tebing ini sudah dibuatkan sebuah jalan menggunakan kayu sehingga para wisatawan bisa naik ke atas tebing. Diatas tebing tersebut terdapat sebuah gazebo untuk berteduh dan menikmati keindahan pantai.
Sunset Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Melewati Tebing Pantai Pok Tunggal
Menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal kurang lengkap tanpa menunggu moment-moment saat matahari mulai singgah ke peraduhan / sunset. Sunset di Pantai Pok Tunggal tak kalah menariknya dengan sunset di pantai-pantai lainya. Untuk lebih asyiknya lagi, sobat bisa membawa tenda sehingga bisa bermalam menikmati hembusan angin pantai di bawah ribuan bintang di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul. Jika tak mau repot-repot membawa tenda, sobat bisa menyewa tenda dome yang disewakan oleh warga setempat dengan tarif Rp 60.000,- (2013). Sisi lain keindahan pantai pok tunggal adalah adanya pohon duras yang cukup rindang. Pohon ini terlihat "apik" karena berdiri diatas hamparan pasir putih. Pohon Duras tersebut sudah menjadi ikonnya Pantai Pok Tunggal sehingga keberadaanya sangat dijaga oleh penduduk setempat.
Sunset Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Sunset Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Rute menuju pantai pok tunggal bisa melewati TPR Pantai Baron. Tak jauh dari TPR tersebut ada sebuah pertigaan, ambilah ke kiri hingga sampai di pantai indrayanti. Dari pantai ini teruslah menyusuri jalan beraspal hingga sampai di sebuah pertigaan yang dilengkapi dengan papan petunjuk arah menuju pantai pok tunggal. Perjalanan selanjutnya hanya menyisakan ratusan meter saja, namun melewati jalanan yang berbatu.

Related Posts

1 komentar