Pantai Parangtritis, Dari Sunset Hingga Misteri Nyi Roro Kidul

shares |

Jika berbicara tentang pantai yang terkenal di Yogyakarta Pantai Parangtritis adalah salah satunya. Pantai yang terletak 28 Km sebelah selatan Kota Jogja tersebut adalah tempat asik untuk menikmati sunset, bermain ATV ataupun berkeliling pantai menggunakan bendi yang ditarik dengan seekor kuda. Pantai ini memiliki pasir hitam dan dikelilingi oleh bukit kapur. Dibalik keindahanya Pantai Parangtritis memiliki misteri tentang Ratu penguasa laut selatan atau yang dikenal dengan Nyi Roro Kidul.
Pantai Parangtritis, Dari Sunset Hingga Misteri Nyi Roro Kidul
Pantai Parangtritis, Di Kretek Bantul

Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, DIY. Menurut cerita nama dari parangtritis berasal dari seorang pemuda dari Kerajaan Majapahir bernama Dipokusumo. Ia melakukan semedi di kawasan ini, karena melihat air yang menetes (tumaritis) dari sebuah batu karang (parang) ia menamakan kawasan ini dengan nama Parangtritis. Secara fisik Pantai Parangtritis memang tak seindah pantai di Gunung Kidul dengan pasir putihnya. Namun tetap saja setiap pekanya animo masyarakat begitu besar untuk berkunjung di Pantai yang terletak di sebelah timur Pantai Parangkusumo ini. Melihat kearah timur nampak deretan Bukit kapur. Bagi sobat yang berjiwa petualang, bisa mencoba paralayang dari bukit tersebut. Atau bermain ATV menyusuri sepanjang pantai juga cukup menantang. Namun jika ingin bersantai, bermain di bibir pantai dengan membuat istana pasir adalah pilihanya. Sobat juga bisa berengang di tepi pantai, namun perlu hati-hati karena ada beberapa bagian yang dilarang untuk berenang. Waktu yang tepat untuk datang ke pantai parangtritis adalah pada sore hari. Ketika matahari sudah condong ke barat, senja mulai terlihat remang-remang dengan langit yang berwarna kuning keemasan. Suasana sunset yang romantis pun akan tercipta. Para pemuda-pemudi terlihat asik untuk mengabadikan moment-moment sunset tersebut. Saat malam menjelang beberapa penjual jagung mulai berdatangan. Sobat bisa menikmati jagung bakar di pinggir bantai dibawah ribuan bintang dilangit. 
Pantai Parangtritis, Dari Sunset Hingga Misteri Nyi Roro Kidul
Sunset Di Pantai Parangtritis

Selain keindahan pantainya, Pantai Parangtritis merupakan tempat yang sakral. Ketika sobat menginjakan kaki disini, sobat sedang berada di kawasan kekuasaan Ratu Pantai Selatan atau yang disebut dengan Nyi Roro Kidul. Sesosok penguasa yang cukup melegenda dengan pakainya yang serba hijau. Oleh sebab itu para pengunjung dilarang untuk memakai pakaian yang berwarna hijau. Pantai selatan dianggap satu dari tiga unsur penting oleh masyarakat Jogja. Pantai Selatan ini satu garis lurus dengan Kraton Yogyakarta dan Gunung Merapi. Gunung Merapi yang dianggap sebagai elemen api, Pantai Selatan sebagai elemen air dan Kraton Yogyakarta sebagai penyeimbangnya. Setiap tahunya di Parangkusumo, Sultan Yogyakarta mengadakan upacara persembahan kepada Nyi Roro Kidul.
Pantai Parangtritis, Dari Sunset Hingga Misteri Nyi Roro Kidul
Bermain Paralayang Di Pantai Parangtritis

Akses jalan menuju Pantai Parangtritis terbilang sangat mudah. Sobat tinggal menyusuri Jl. Parangtitis yang membentang dari pojok beteng wetan ke arah selatan menuju pantai. Bagi sobat yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, bisa menggunakan bus dengan trayek Jogja - Parangtritis. Tak jauh dari sini sobat bisa menikmati kuliner laut di Pantai Depok.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment