Curug Malela Di Cidadas, Niagara Dari Bandung

shares |

Curug Malela Bandung- Mungkin sobat pernah mendengar sebuah air terjun yang berada di perbatasan AS dan Kanada yakni air terjun Niagara. Dengan lebarnya yang mencapai Air Terjun Niagara dinobatkan sebagai air terjun terlebar di Dunia. Nah di Bandung sebuah air terjun yang mirip dengan Air Terjun Niagara. Curug Malela namanya, sebuah air terjun yang berada di Desa Cidadas dan mempunyai kontur yang berundak. Memang tak selebar Air Terjun Niagara, Curug Malela ini hanya mempunyai lebar 50 meter, namun banyak orang yang menyebutnya sebagai versi mininya Air Terjun Niagara.
Curug Malela Di Cidadas, Niagara Dari Bandung
Curug Malela Di Cidadas, Niagara Dari Bandung

Lokasi Curug Malela terletak di Dusun Manglid, Cidadas, Kecamatan Rongga Bandung dan berbatasan dengan Kabupaten Cianjur. Curug Malela mempunyai ketinggian sekitar 70 meter dan airnya berhulu dari lereng utara Gunung Kendeng. Airnya cukup deras dan terbagi menjadi 5 jalur. Keindahan lainya adalah suasana disini masih begitu asri, dan jika sedang beruntung, sobat bisa melihat beberapa monyet yang sedang asyik meminum air di sekitar Curug Malela.
Curug Malela Di Cidadas, Niagara Dari Bandung
Curug Malela Di Cidadas Bandung

Meskipun Curug Malela sangat potensial untuk obyek wisata, namun hingga kini masih minim fasilitas serta infastruktur. Salah satunya adalah akses jalan yang tergolong sulit, setelah melewati jalan yang cukup sempit setidaknya sobat harus jalan kaki sejauh 1 Km untuk menuju lokasi curug malela. Ada dua rute menuju Curug Malela Di Bandung yaitu dari sukabumi atau dari cimahi. Jika sobat dari Cimahi, maka kurang lebih membutuhkan waktu 4 jam perjalanan. Rutenya adalah Cimahi-Batujajar-Cihampelas-Cililin-Sindangkerta-Rongga-Curug Malela. Perjalanan dari Kecamatan Rongga ke Desa Cidadas sobat harus ekstra hati-hati karena jalanan berbatu dan beberapa tanjakan cukup curam. Setelah sampai di kampung terakhir yakni Dusun Manglid, sobat berjalan kaki sekitar 1 Km melewati jalan yang mempunyai kontur naik turun.

Sebenarnya didekat Curug Malela, terdapat beberapa air terjun yang lain. Di kecamatan Rongga Bandung Barat ini terdapat beberapa air terjun yang cukup menarik diantaranya Curug Buana, Curug Nyandung, dan Curug Cilinggapayung. Selain itu, di Bandung juga memiliki Air Terjun lain yang tak kalah menariknya salah satunya adalah Air Terjun Maribaya.

Related Posts

1 komentar