Dusun Bambu Bandung, Nostalgia Ala Sunda Tempo Dulu

shares |

Bandung kembali menunjukan eksistensinya di bidang pariwisata. Beberapa obyek baik wisata alam maupun wisata “kreatif” bertebaran di seantero Bandung. Belum lama ini sebuah wisata dengan konsep pedesaan ala sunda dibangun dikawasan Cisarua Bandung. Obyek wisata ini bernama Dusun Bambu. Dengan tagline nya Family Leisure Park, Dusun Bambu sangat cocok untuk liburan bersama keluarga tercinta. Obyek wisata terbaru dibandung ini semakin menambah deretan obyek-obyek wisata kreatif yang ada di Bandung seperti De Ranch atau Lembang Floating Market yang telah hadir sebelumnya. 
Dusun Bambu Bandung
Dusun Bambu Bandung family leusure park

Dusun Bambu terletak di Cijanggel, Kecamatan Cisarua, Bandung. Atau sekitar 10 Km dari terminal Ledeng. Untuk tiket masuknya adalah Rp 10 ribu untuk setiap mobil, sedangkan jika sobat menggunakan kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp 5 ribu. Selain itu juga dikenakan tarif per orangnya yakni sebesar Rp 15 ribu. Memasuki area Dusun Bambu sobat akan diajak untuk bernostalgia dengan suasana pedesaan Sunda Tempo dulu. Sobat akan melewati jalan bertlundak dengan area persawahan dikanan-kirinya. Setelah berjalan kaki selama 10 menit melewati Lutung Kasarung dan Kampung Layung, sobat akan sampai di Pasar Khatulistiwa yang merupakan pusat kegiatan di Dusun Bambu ini.

Secara keseluruhan luas Dusun Bambu di Bandung ini mencapai 15 hektar. Namun bangunan yang ada didalamnya hanya sekitar 3 % saja. Beberapa fasilitas penunjang Dusun Bambu diantaranya restorant, penginapan, camping ground hingga Camping Ground. Sesuai namanya, disini terdapat sekitar 50 jenis bamboo yang tertanam di beberapa titik. Namun itu baru setengahnya saja karena rencanya akan ditanam 112 jenis bambu. Selain itu terdapat juga oranamen-ornamen yang terbuat dari bambu sepert tugu, hiasan lampu, atap, dan sekat-sekat. Kawasan Dusun Bambu terbagi menadi beberapa area, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kampung Layung
Area ini dipenuhi cottage-cottage yang disewakan bagi pengunjung yang berminat. Hampir seluruh bagian cottage terbuat dari bambu dan kayu. Suana bernuansa pedesaan bisa anda rasakan di Kampung Layung ini. Meskipun demikian tetap di sediakan fasilitas-fasilitas modern seperti TV, Home Theatre, Kompor induksi hingga kamar mandi dengan air hangat. Hmm sungguh penggabungan antara nuansa pedesaan dan modern yang menarik. Di bagian belakang cottage tersedia fasiitas BBQ, sudah kebayang untuk bermalam disini bersama keluarga? Untuk masalah harga memang diatas rata-rata yakni antara 1 hingga 4 juta setiap malamnya.
Dusun Bambu Bandung
Kapsul di Dusun Bambu Bandung 
2. Lutung Kasarung
Beberapa kapsul-kapsul yang diselimuti akar bergelantungan di pohon di kawasan Lutung Kasarung ini. Ya tempat ini memang cukup unik, kapsul-kapsul tersebut difungsikan sebagai tempat duduk, wastafel dan yang lainya belum dibuka untuk umum. Antara kapsul satu dengan lainya dihubungkan dengan jembatan. Jika sobat pernah menonton film Star Trek, kapsul ini bentuknya mirip dengan escape pod yang bisa ditumpangi oleh banyak orang.
3. Tegal Pangulinan
Berupa lapangan besar yang biasa digunakan untuk melakukan permainan-permainan tradisional Sunda. Ada juga pertunjukan kuda lumping dan hoola hup yang dimainkan oleh anak-anak. Semuanya dapat sobat nikmati secara gratis.
4. Burangrang
Dusun Bambu Bandung
Tempat ini berupa restaurant dengan konsep green architecture. Arealnya cukup luas sobatpun bisa menyantap hidangan sambil menikmati pemandangan danau. Ya tempat ini berada di tepi danau yang disebut dengan Sampan Sangkuriang. Di depan restaurant Burangrang ini terdapat dermaga kecil yang digunakan untuk naik sampan menuju pondok makan yang ada di tepi danau.
5. Pasar Kahtulistiwa
Pasar ini satu bangunan dengan restaurant Burangrang dan letaknya berada di lantai 2. Berbagai macam sayuran dan buah-buahan segar dijual disini. Katanya sayuran tersebut diambil langsung di Gunung Burangrang. Ada juga souvenir khas sunda yang bisa sobat beli disini.

Nah itulah tadi seklas tentang Dusun Bambu- Family Leusure Park yang ada di Bandung ini. Jika sobat tertarik untuk menyewa cottage atau Camping Ground segeralah melakukan booking. Karena menurut informasi yang kami dapatkan, sebelum Dusun Bambu resmi dibuka saja banyak yang melakukan booking.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment