Taman Cinta Bandung, Gembok Cintamu Disini

shares |

Taman Cinta Bandung adalah salah satu bukti kalau Bandung itu benar-benar kota yang kreatif. Balai Kota yang berada di Jl. Wastukancana Bandung semakin cantik dengan hadirnya taman ini. Revitalisasi kawasan yang dulunya tidak terurus menjadi ruang hijau ini atas inisiatif Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung. Jika sebelumnya hanya dipenuhi oleh pohon-pohon besar dan bambu kini berbagai fasilitas telah dibangun seperti air mancur, lampu yang bisa memancarkan cahaya warna-warni ketika malam hari, serta berbagai macam jenis bunga. Ridwan Kamil telah berhasil menyulap kawasan Balai Kota Bandung ini jadi sebuah taman yang sangat nyaman untuk dikunjungi.

Taman Cinta Bandung, Gembok Cintamu Disini
Taman Cinta Bandung, Gembok Cintamu Disini
Taman Cinta Bandung begitu orang menyebutnya. Hal ini lantaran di tengah taman terdapat sebuah konstuksi besi dan kawat yang membentuk prisma dengan ukuran 2,5 meter dan memiliki tinggi sekitar 2 meter. Di atas konstuksi besi dan kawat ini terdapat sebuah huruf berwarna merah yang membentuk kata "LOVE". Ditanya tentang bangunan ini Emil sapaan akrab dari Ridwan Kamil pun menerangkan bahwa bangunan ini dinamakan "gembok cinta" yang mengadaptasi konsep di beberapa negara seperti di perancis, china, korea selatan, russia, dan Jerman. Bangunan tersebut merupakan dekorasi untuk memasang gembok cinta seperti yang dilakukan di pagar jembatan Paris, Perancis atau negara lainya. Jadi bagi yang sudah berpasangan bisa menggantungkan gembok cinta pada bangunan tersebut. Tapi sobat harus membawa gembok sendiri, karena tidak disediakan disini. 
Tradisi gembok cinta ini bisa dikatakan simbol sebuah cinta yang abadi. Tradisi unik ini sudah merebak di negara-negara Eropa dan Asia mulai tahun 2000an. Setiap pasangan bisa menuliskan nama atau inisial merela pada sebuah gembok. Gembok tersebut kemudian dipasang dan dikunci lalu kuncinya dibuang. Konon setiap pasangan yang melakukanya, cintanya akan abadi. Tentu saja itu hanyalah mitos belaka. Namun demikian untuk sekedar seru-seruan gak ada salahnya juga untuk dilakukan. Menurut Emil, Taman Cinta atau Taman Balai Kota di Bandung ini nantinya akan dilakukan revitalisasi lagi secara pelan-pelan. Pada bagian sayap kiri nantinya akan dilakukan penghijauan. Nah bagaimana dengan sobat, sudahkah menggantungkan gembok cintamu di Taman Cinta Bandung ini?

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment