Rute Menuju Spot Riyadi, Tempat Terbaik Menikmati Sunset Dan Candi Prambanan

shares |

Rute Menuju Spot Riyadi - Prambanan merupakan sebuah daerah di Yogyakarta yang terkenal dengan candinya. Topografinya berupa perbukitan sehingga memiliki beberapa spot dengan pemandangan yang indah. Salah satunya adalah spot riyadi yang memiliki view Prambanan dan gagahnya Gunung Merapi di belakangnya. Tempat ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset. Mulai dari pecinta selfie hingga fotografer profesional kerap meramaikan spot riyadi ini. Jadi kalau kamu sedang liburan di Jogja, jangan sampai melewatkanya ya.
Rute Menuju Spot Riyadi
rute menuju spor riyadi prambanan
Sebenarnya spot riyadi ini adalah sebuah pekarangan milik seorang warga bernama Riyadi. Karena tempat ini memiliki salah satu view terbaik untuk menikmati Candi Prambanan, banyak orang yang berdatangan dan kemudian dikenal sebagai spot riyadi. Bapak tiga orang anak itu sudah menemati rumah tersebut sejak 1998 silam. Namun tempat ini baru mulai didatangi pengunjung pada tahun 2005 setelah ada event offroad di desanya. Tempatnyapun mulai ramai pada tahun 2010 silam.
Rute Menuju Spot Riyadi
sunrise dari spot riyadi prambanan
Wisata Terdekat: Telaga Biru Semin
Lantaran tempatnya semakin ramai, Riyadi kemudian mendirikan sebuah tempat untuk nongkrong yang dibangun dari bekas kandang sapi. Beragam makanan dan minumanpun dijajakan untuk sekedar menjadi teman menikmati Candi Prambanan dari ketinggian. Saat ini yang paling sering datang ke spot riyadi adalah penggiat fotografi. Rata rata mereka datang pada pagi hari dan sore hari. Pagi pagi buta sekitar jam 4 bahkan sudah ada yang datang untuk berburu foto. Ketika cuaca sedang bagus, mulai dari gunung sumbing, gunung sindoro, gunung, merapi dan gunung lawu terlihat dari sini. Sunrise dan sunset di Spot Riyadi memang menjadi daya tarik tersendiri. Pada malam hari pemandangan disini juga tak kalah eloknya. Tubuh candi prambanan yang terlihat karena pancara sinar lampu dan pendar pendar lampu rumah, menjadi obyek menarik bagi para fotografer.
Rute Menuju Spot Riyadi
Gunung Merapi dari lokasi spot riyadi

Lokasi Dan Rute Menuju Spot Riyadi

Alamat spot riyadi adalah di dusun Dawangsari, sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Rute yang bisa kamu lewati dari pusat kota Jogja adalah melewati jalan Solo. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di Candi Prambanan. Tepat lampu merah Candi prambanan, beloklah ke selatan melewati jalan piyungan. Setelah melintasi rel kereta api, kamu akan menemukan jalan masuk ke kiri yakni arah Abhayagiri. Masuk ke jalan tersebut hingga sampai di restoran Abhayagiri. Naiklah melewati jalan cor di pojok restoran tersebut. Di ujung desa, kamu akan menemukan lokasi spot riyadi.
Baca Juga: Wisata Candi Ratu Boko

Tiket Masuk Spot Riyadi

Riyadi selaku pemilik pekarangan tidak memungut retribusi alias gratis. Para pengunjung hanya perlu membayar parkir saja. Sedangkan untuk para pecinta selfie, kamu bisa berfoto di jembatan cinta dengan membayar Rp 5 ribu. Sementara itu jika ingin datang dari malam hari, kamu bisa menyewa tenda disini.

Sudah gak bingung lagi kan untuk mencari rute menuju Spot Riyadi Prambanan? Jika masih ragu kamu bisa membuka google map atau bertanya pada warga setempat. Sebaiknya bawa kamera DSLR agar hasil fotonya menakjubkan.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment