Asyiknya Susur gua dan Arung Jeram Di Kalisuci

shares |

Kawasan Karst Kalisuci memang menjadi obyek wisata yang sedang naik daun akhir-akhir ini.Yang membuat obyek wisata tersebut menarik adalah,anda bisa melakukan dua jenis kegiatan alam bebas yang biasanya dilakukan secara terpisah.Di kawasan kalisuci ini anda bisa melakukan susur gua (caving) dan juga arung jeram (rafting) secara bersamaan.
gunung kidul, kalisuci, wisata jogja,
cave tubing di kali suci gunung kidul

Kalisuci adalah sebuah sungai dengan lebar 5 hingga 10 meter.Yang menjadi pembeda kalisuci dengan sungai-sungai yang lainya adalah lokasinya yang berada di perut bumi.Sungai ini mengalir melalui gua-gua yang ada di gunung kidul dan akan bermuara di pantai selatan.

Cave tubing di kalisuci memang memberikan sensasi tersendiri.Anda akan dibawa oleh derasnya air menyusuri gua-gua sepanjang kurang lebih 700 meter.Selama menyusuri gua hanya senter saja sebagai penerang utama.Dalam cave tubing ini ada 5 gua yang harus disusuri yaitu gua suci,gua glatikan, gua buri umah, gua grubuk dan gua gelung.Ketika sedang melakukan penyusuran anda akan dibuat terpukau oleh ornamen gua.Suasana lebih menarik dengan adanya tanaman perdu serta kelelawar yang bergelantungan di dinding gua.Untuk sampai finish anda memerlukan waktu kurang lebih 2 jam.
suasana di dalam gua

Lokasi kawasan karst kali suci ini terletak di Dusun Jetis,Desa Pacarejo,Kecamatan Semanu,Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.Untuk menuju lokasi tersebut dari Yogyakarta melewati jalan raya jogja-wonosari.Sesampai di wonosari silahkan melanjutkan ke Kecamatan Semanu yang berjarak sekitar 10 km dari kota wonosari.Dengan biaya Rp 65.000,00 anda sudah bisa merasakan sensasi cave tubing di kalisuci.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment