Ketupat Lemak, Makanan Khas Lebaran Yang Kini Tinggal Nama

shares |

Lebaran kini tinggal menyisakan beberapa hari lagi.Bagi umat muslim lebaran  merupakan hari kemenangan setelah satu bulan berpuasa.Momen berkumpulnya keluarga disaat lebaran adalah saat-saat yang dinanti.Berbagai makanan dan kuepun disajikan untuk menyambut datangnya kerabat dan juga keluarga.Salah satu makanan khas yang hanya disajikan pada saat lebaran adalah ketupat.Ketupat pada umumya menggunakan beras sebagai bahan dasarnya.Namun berbeda dengan ketupat yang berasal dari kalimantan barat ini,orang menyebutnya dengan nama ketupat lemak.

wisata kuliner, ketupat lemak kini tinggal nama, ketupat lemak yang kini punah,
ketupat lemak dari kalimantan barat

Pada ketupat lemak ini bahan yang digunakan bukan dari beras melainkan menggunakan ketan.Perbedaan lain ketupat lemak dengan ketupat pada umumnya terletak pada cara pengisianya.Apabila ketupat pada umumnya tidak boleh mengisi penuh beras ke selongsong,pada ketupat lemak ini justru ketan harus diisi penuh.

Namun sayang,kini ketupat lemak tinggal namanya saja.Kini sudah jarang ditemukan ketupat yang mempunyai rasa sedikit asin dan juga berlemak tersebut.Tentu sangat disayangkan jika perubahan budaya berimbas pada musnahnya suatu budaya asli.


Untuk anda yang ingin merasakan ketupat lemak tersebut,tak perlu khawatir karena anda bisa membuatnya dirumah.Berikut adalah cara pembuatan ketupat lemak.Mula-mula ketupat dari daun kelapa muda direndam dalam air semalam, agar daunnya tetap segar.Kemudian siapkan kelapa parut dan diperas dengan air masak. Bubuhkan setengah sendok garam pada santan hasil perasan. Agar ketupat nantinya terasa wangi masukan daun pandan secukupnya ke dalam santan yang sudah diperas tadi.Cuci beras ketan putih, lalu masukkan ke ketupat dari daun kelapa muda. Ketan yang dimasukkan ke ketupat harus penuh. Beda dengan ketupat beras yang biasanya diisi separoh saja, karena berasnya akan mengembang. Ketan tidak mengembang. 

Masukkan ketupat ke panci berisi santan. Ketupat yang sudah direbus harus sering dibolak-balik, agar santan tidak pecah. Rebus hingga santan mengering. Dan, ketupat lemak siap disajikan. ketupat lemak. ini akan lebih nikmat jika disajikan dengan rendang daging, opor ayam, sambal kentang atau sambal nanas.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment