Tips- Apa Saja Yang Harus Dilakukan Sebelum Naik Gunung ?

shares |

Dengan adanya film-film dengan tema pendakian, mungkin membuat banyak orang-orang yang menonton film tersebut menjadi tertarik untuk melakukan pendakian. Di Gunung Semeru misalnya, pasca tayangnya film *cm gunung tersebut menjadi ramai dipenuhi oleh para pendaki pemula yang notabene sebelumnya belum pernah melakukan pendakian. Tentu hal ini cukup beresiko bila para pendaki tersebut belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan pendakian. Hal ini dikarenakan mendaki gunung tidak semudah apa yang terlihat di film, mendaki gunung perlu persiapan dan pengetahuan yang cukup. Lalu Apa Saja Yang Harus Dilakukan Sebelum Naik Gunung? Nah, jika diantara sobat disini baru pertama kali akan naik gunung, mungkin beberapa Tips berikut bisa sedikit membantu.
Tips-Apa Saja Yang Harus Dilakukan Sebelum Naik Gunung ?, Tips mendaki gunung


1. Mempelajari Medan/ Lokasi Gunung Yang Akan Didaki
Setiap gunung memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tidak bisa disamakan antara gunung satu dengan gunung lainya baik dari jalurnya, suhunya dan juga lainya. Sobat bisa mendapatkan berbagai sumber  dari internet, di sobatpetualang.com misalnya, ataupun situs-situs lainya.
Sebagai contoh, ketika sobat akan melakukan pendakian di Gunung Merapi. Di Gunung Merapi tidak ada sumber air, maka sobat harus membawa bekal air yang cukup selama pendakian. Berbeda ketika sobat akan mendaki di Gunung Merbabu, karena di pos II gunung merbabu terdapat sumber air yang melimpah. Ataupun jika sobat akan mendaki di gunung lawu, karena gunung lawu ini terkenal dengan hawa dinginnya maka sobat perlu membawa pakaian yang ekstra tebal.

2. Olah Raga Beberapa Minggu Sebelumnya
Tips sebelum mendaki gunung yang kedua adalah berolah raga terlebih dahulu secara rutin. Mendaki gunung memerlukan tenaga dan stamina yang tinggi. Jika sobat belum terbiasa karena baru pertama kali, ketika di tengah perjalanan sobat bisa saja mengalami kelelahan dan bahkan tubuh langsung nge-drop. Untuk mengatasi hal ini ada baiknya beberapa minggu sebelumnya sobat melakukan olah raga rutin setiap hari. Olah raga ini bisa apa saja, mulai lari-lari, skot jump, dll.

3. Menyiapkan peralatan mendaki dengan tepat.
Alam bisa menjadi sahabat bagi kita, tapi alam bisa saja membunuh kita. Ketika kita sedang berada di alam atau di gunung kita harus siap dengan segala kondisi yang akan terjadi. Misalnya ketika di tengah perjalanan terjadi hujan lebat atau bahkan badai tentu kita harus bisa bertahan dengan peralatan yang kita bawa. Tips yang ketiga ini adalah yang paling penting yang harus dilakukan sebelum naik gunung. Karena jika tidak tepat dalam menyiapkan peralatan bisa saja nyawa kita adalah taruhanya. Berikut ini adalah peralatan-peralatan yang biasa dibawa ketika akan melakukan pendakian:
-Tas Carrier
-Sepatu Hiking
-Matras
-Sleeping Bag
-Kaos Kaki (double)
-Logistik
-Air mineral
-Peralatan masak (kompor lapangan, nasting)
-Tramuntina/ golok
-Jas Hujan
-Head lamp
-Korek Api
-Peluit
-Pisau lipat
-Obat P3K
Setidaknya barang-barang itulah yang dibawa ketika akan naik gunung. Dan sebaiknya barang-barang yang tidak begitu penting tidak usah dibawa karena hanya memberatkan bawaan dan mengganggu perjalanan.

4. Jangan membiarkan pikiran kosong
Ketika sedang berada digunung jangan biarkan pikiran kita kosong. Karena tidak menutup kemungkinan makhluk-makhluk lain yang tak kasat mata akan mengganggu kita saat perjalanan. Nah, sobat mau percaya atau tidak, saya kembalikan lagi ke pribadi kita masing-masing yang jelas ketika berada di gunung jangan biarkan pikiran kita kosong.

5. Patuhi 3 kode etik ketika digunung
Setiap para pendaki dan pecinta alam  tentu patuh dengan yang satu ini. Ketiga kode etik tersebut adalah Take nothing but picture, leave nothing but footprint, kill nothing but time. Yang kurang lebih artinya tidak mengambil apapun kecuali foto, tidak meninggalkan apapun kecuali jejak kaki dan tidak membununh apapun kecuali waktu. Namun hal ini sering tidak dipatuhi oleh para pendaki pemula, sehingga sering kita temui banyak sampah berserakan di gunung. 

Demikianlah kelima tips ketika naik gunung untuk pemula, semoga bisa membantu sobat ketika akan naik gunung dan dapatkan tips-tips lainya hanya di tips sobat petualang. Dan mari kita jaga alam kita, kita rawat alam kita, dan kita lestarikan alam kita ! Salam Lestari !

Related Posts

3 komentar: