Daftar kuliner khas jogja yang wajib dicoba ketika sedang berlibur

shares |

Daftar kuliner khas jogja yang wajib dicoba ketika sedang berlibur- Ketika libur panjang telah tiba maka kota jogja selalu ramai diserbu oleh para pengunjung dari berbagai daerah. Sebagian mereka menjadikan kraton jogja dan malioboro sebagai tujuan utama. Namun berwisata ke jogja tidaklah cukup hanya dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut. Ketika sobat sedang berlibur ke jogja ada baiknya untuk menikmati wisata kuliner yang ada di jogja. Berikut ini adalah daftar kuliner khas jogja yang sebaiknya sobat coba ketika sedang berlibur di jogja.

1. Gudeg
Daftar kuliner khas jogja yang wajib dicoba ketika sedang berlibur
gudeg jogja
Kuliner yang satu ini memang sudah melekat di jogja. Bahkan begitu melegendanya makanan yang terbuat dari namgka muda yang dicampur dengan potongan ayam ini , kota jogja disebut sebagai kota gudeg. Ketika sobat menyusuri kota jogja maka akan banyak menemukan warung-warung makan yang menyajikan gudeg. Salah satu warung gudeg yang terkenal dijogja adalah gudeg Yu Djum. Lokasi Gudeg Yu Djum terdiri dari tiga cabang yang pertama terletak di jl. kaliurang km. 4, yang kedua di Jl. Wijilan dan yang terakhir terletak di Jl. Adisucipto. Yang menarik dari gudeg Yu Djum adalah para pengunjung bisa langsung melihat proses pembuatan gudeg.
2. Soto kadipiro
Daftar kuliner khas jogja yang wajib dicoba ketika sedang berlibur
soto kadipiro
Soto kadipiro merupakan soto khas dari jogja yang sudah berdiri sejak tahun 1921 silam. Pendiri dari soto kadipiro adalah bapak Karto Wijoyo. Soto kadipiro dihidangkan bersama ati rempela, telur puyuh, tempe dan tahu. Soto kadipiro terletak di Jalan wates sekitar 1 Km sebelah barat dari perempatan wirobrajan.
Daftar kuliner khas jogja yang wajib dicoba ketika sedang berlibur
sate klatak kuliner khas jogja
Pada umumnya sate-sate tersebut di tusuk dengan bambu dan di beri aneka macam bumbu.Namun berbeda dengan sate yang ada di Yogyakarta ini. Orang-orang menyebutnya dengan nama sate klatak. Keunikan dari sate klatak adalah tusuk yang digunakan yang menggunakan jeruji besi. Karena besi adalah penghantar panas yang baik sehingga bagian dalam daging tersebut bisa matang dengan sempurna.Nah untuk mencegah karat pada jeruji tersebut,para penjual biasanya menggosok jeruji dengan pasir setelah dipakai. Penyajian sate klatak biasanya dengan kuah gulai kambing. Sobat bisa menemukan sate klatak ini di sepanjang jl. Imogiri. Keunikan penyajian dan rasa dari sate klatak ini tentu harus masuk ke daftar kuliner khas jogja yang akan sobat coba ketika sedang berlibur di jogja.

4. Bakmi Jawa
Saat ini bakmi jawa sudah banyak ditemukan karena sudah menjamur baik di jogja maupun disekitarnya. Rasa gurih yang dihasilkan bakmi jawa karena alat masaknya yang menggunakan anglo sehingga menimbulkan rasa yang unik.
Daftar kuliner khas jogja yang wajib dicoba ketika sedang berlibur
bakmi jawa, kuliner khas jogja
5. Bakpia
Daftar kuliner khas jogja yang wajib dicoba ketika sedang berlibur
oleh oleh khas jogja, bakpia
Ketika sedang berlibur ke jogja jangan lupa membeli bakpia sebagai oleh oleh. Rasanya yang manis dan terbuta dari tepung yang didalamnya berisi kacang ijo. Namun saat ini para pembuat bakpia banyak melakukan inovasi dengan mengganti kacang ijo dengan bahan laninya seperti keju ataupun coklat. Bakpia yang terkenal di jogja adalah bakpia pathok yang lokasinya berada di Jl. KS Tubun atau disebelah barat malioboro.
Demikian tadilah daftar kuliner khas jogja yang wajib dicoba ketika sobat sedang berlibur di jogja. Oh iya kalau sedang berada di jogja jangan lupa juga untuk berkunjung dan menguak sejarah tamansari kraton Yogyakarta.


Related Posts

6 komentar:

  1. Soto kadipiro dan sate klatak nya sukses bikin ngiler :-)

    ReplyDelete
  2. iya gan,,bakmi jawanya juga gak kalah enak..klo ke jogja cobain aja hhee

    ReplyDelete
  3. Kayaknya enak-enak tuh, jadi lapar ngeliatnya!

    ReplyDelete
  4. jangan cuma diliihat..dicoba dong..hhee

    ReplyDelete
  5. yg paling ane suka sate klatak,, mantaap

    ReplyDelete
  6. jadi ingat oto Kadipiro nih waktu makan di Yogya. Hm....

    Salam

    ReplyDelete