Kuliner Khas Jakarta- Soto Betawi Yang Melegenda

shares |

Kuliner Khas Jakarta- Soto Betawi Yang Melegenda- Setelah sebelumnya saya membahas rahasia kelezatan coto makasar, kali ini saya akan memberikan informasi kuliner khas jakarta atau betawi yaitu soto betawi. Soto betawi termasuk salah satu kuliner legendaris dari jakarta. Hal ini dikarenakan soto betawi sudah ada sejak tahun 1940-an. Dari beberapa tempat di jakarta, soto betawi yang cukup populer adalah soto betawi yang berada di kawasan taman Ismail Marzuki.

Kuliner Khas Jakarta- Soto Betawi Yang Melegenda
kuliner khas jakarta- soto betawi

Sama seperti soto madura maupun coto makasar, soto betawi juga menggunakan jeroan. Rasa gurih dan nikmatnya soto betawi membuat siapupun yang mencicipinya akan ketagihan. Semangkuk soto betawi biasanya dilengkapi dengan telur rebus iris, kentang rebus iris dan irisan tomat. Biasanya para penikmat soto betawi menambah emping melinjo sebagai pelengkap.

Ketika mencicipi kuahnya, rasa gurih agak legit namun tidak enek. Hal ini karena dalam pembuatanya menggunakan santan dan susu. Saat sepotong daging mendarat di mulut, daging terasa lembut ketika digigit. Untuk menghasilkan daging yang empuk dan gurih, biasanya daging  direbus terlebih dahulu dengan menggunakan kecap, asam dan garam.

Di kawasan Taman Ismail Marzuki banyak terdapat rumah makan yang menyajikan soto betawi sebagai menu utamanya. Namun yang cukup unik adalah soto betawi milik H. Ma'ruf. Jika diperhatikan kedai soto betawi milik H. Ma'ruf, terlihat seperti bangunan tua. Diatas pintu masuk bangunan tersebut terpampang sebuah tulisan "Rumah Makan Betawi Soto H.Ma'ruf".

Untuk harga soto betawi, biasanya semangkuk soto betawi dijual antara Rp15.000,- hingga Rp 25.000,-

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment