Tips Saat Tersesat Di Gunung

shares |

Tips Saat Tersesat Di Gunung- Mendaki gunung tidaklah cukup hanya bermodalkan kekuatan fisik semata. Seorang pendaki gunung tentu harus dibekali pengetahuan yang cukup. Tak jarang orang yang tersesat digunung hingga beberapa hari bahkan sampai meninggal karena minimnya pengetahuan tentang mendaki. Lalu apa yang akan kita lakukan ketika tersesat digunung?
Tips Saat Tersesat Di Gunung
ilustrasi saat tersesat di gunung
Saat tersesat digunung maka janganlah panik, lakukan 4 langkah berikut ini. Keempat langkah tersebut dikenal dengan STOP yaitu Sit, Thinking, Obeservation dan Planing.
1. Sit
Ketika sudah berjalan jauh namun tak juga menemukan jalur pendakian dan sudah tidak tau arah lagi maka sudah dipastikan sobat telah tersesat. Maka langkah pertama yang dilakukan adalah istirahat terlebih dahulu. Bersantailah dan hilangkan semua kepanikan. Karena dengan demikian sobat bisa berfikir secara jernih.
2. Thinking
Setelah fikiran sudah tenang, fikirkanlah kembali masalah yang dihadapi. Ingatlah saat terakhir sobat keluar dari jalur pendakian. 
3. Observation
Lakukanlah observasi atau pengamatan disekitar lokasi sobat. Perhatikan punggungan maupun lembah yang terlihat. Gunakanlah tanda-tanda alam untuk menentukan arah dan juga letak dimana sobat berada. Jika sobat membawa peta itu akan sangat membantu.
4. Planing
Setelah ketiga langkah diatas sudah dilakukan maka langkah yang terakhir adalah menentukan rencana selanjutnya. Dalam menentukan rencana ini tidak boleh sembarangan harus diperhitungkan secara matang. Sobat juga harus mempertimbangkan hal-hal seperti bekal yang masih tersisa, kondisi fisik serta kondisi alam.

Nah itulah tadi hal-hal yang dilakukan ketika sobat mengalami tersesat di gunung. Mendaki gunung memang begitu menarik, namun kegiatan ini cukup beresiko. Kejadian seperti tersesat, kedinginan yang berujung kematian sering terjadi. Ketika malam telah tiba, suhu di gunung semakin menurun. Ketahan tubuh seseorang terhadap hawa dingin berbeda-beda. Oleh karena itu jika sudah tidak kuat menahan dinginya suhu digunung perlu dilakukan penanganan sebelum terkena hypothermia. Hal-hal yang harus dilakukan ketika mengalami kedinginan di gunung saya tulis di  tips mengatasi hawa dingin di gunung.

Related Posts

1 komentar

  1. Wah, saya sih belum pernah tersesat di gunung ya om mimin, tapi memang saya pernah dengar cerita teman-teman saya yang suka camping di gunung, tersesatnya kebanyakan waktu lagi perjalanan ke area campingnya. Hehhmmm, memang ternyata kita harus banyak tau ya tips-tipsnya kalau sampai tersesat di gunung, Thank ya sharenya!

    ReplyDelete