Gunung Rinjani, Serunya Meneropong Lombok dari Ketinggian

shares |

Siapa yang tak tahu Rinjani. Gunung tertinggi ke-3 di Indonesia ini berdiri megah di salah satu pulau terindah di Indonesia. Yap, Pulau Lombok! Bukan rahasia lagi kalau Gunung Rinjani punya jalur pendakian dengan pemandangan paling cantik di Indonesia selain Gunung Semeru. Panorama luar biasa ini selalu diburu oleh para pendaki gunung, baik pendaki domestik maupun mancanegara. Tempat wisata Gunung Rinjani memiliki hamparan savana padang rumput yang sangat luas. Di sepanjang jalur pendakian, ada kabut putih yang akan membuatmu seakan tengah menembus ‘dunia lain’. Dari atas tempat wisata Gunung Rinjani, kamu bisa meneropong eksotisme Lombok yang membuatmu tak bosan menjepretkan kamera.
Gunung Rinjani, Serunya Meneropong Lombok dari Ketinggian
pendakian Gunung Rinjani

Apa cuma itu keindahan tempat wisata Gunung Rinjani?

Eits, tentu tidak! Bukan cuma hamparan Pulau Lombok yang akan membuatmu takjub dari ketinggian. Dari puncak tempat wisata Gunung Rinjani kamu juga bisa menyaksikan indahnya pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Lombok.  Sebutkan saja Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Semuanya bisa kamu saksikan dari puncak Gunung Rinjani yang disebut sebagai Puncak Dewi Anjani. Luar biasa, kan?

Puncak alam liar Gunung Rinjani bisa kamu capai melalui dua pintu pendakian resmi. Apalagi kalau bukan Senaru dan Sembalun. Konon katanya, pintu pendakian melalui Sembalun memiliki trek pendakian yang lebih mudah dibanding pintu pendakian yang lain. Ingat ya, lebih mudah bukan berarti tidak ada tantangannya. Tempat wisata Gunung Rinjani tetap akan menantang kamu saat berusaha menaklukkannya. Seperti apa kira-kira?
Gunung Rinjani, Serunya Meneropong Lombok dari Ketinggian
puncak gunung rinjani

Sebagai gambaran buat kamu yang tergoda untuk menaklukkan Rinjani, jalur pendakian dari pintu Sembalun memiliki trek yang menajak dan berkabut. Di sini juga ada sebuah titik yang disebut 7 Bukit Penyesalan. Kabarnya, bukit ini diberi nama demikian karena suka menipu pendaki. Saat kita berada di atasnya, kita seakan sudah sampai di puncak Plawangan Sembalun, padahal sebenarnya baru sampai di atas bukit. Ngeselin, ya? ggak juga, sih. Bagaimana mungkin kamu bisa kesal kalau jalur pendakian Gunung Rinjani nyatanya memang cantik banget?

Selain savana yang membentang di kanan kiri, kamu juga akan menemukan jurang terjal dan bentangan awan yang sama tinggi dengan kakimu. Kamu akan merasakan sensasi berwisata di atas khayangan. Belum lagi, keindahan Danau Segara Anak pasti akan membuatmu takjub sampai melongo. Wuih, dijamin kamu takkan melupakan keindahan tempat wisata Gunung Rinjani seumur hidupmu! Kalau mendaki Gunung Rinjani, jangan lupa untuk tetap berhati-hati karena jalur pendakian gunung ini sangat menanjak dan berpasir. Namun, jangan khawatir, Pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani alias TNGR sudah menyiapkan pos-pos pendakian kalau kamu berniat menaklukkan gunung ini
.
Secara resmi Balai Taman Nasional Gunung Rinjani berlokasi di Jalan Arya Banjar Getas Lingkar Selatan, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Untuk bisa mendaki Gunung Rinjani, kamu perlu mengeluarkan biaya tiket sebesar Rp5.000 per hari untuk hari biasa, dan Rp7.500 untuk hari libur. Harga tiket ini berbeda untuk wisatawan asing. Pendaki dari mancanegara harus merogoh kocek Rp150.000 di hari biasa, dan Rp225.000 di hari libur.

Namun, berapa pun biaya yang akan kamu keluarkan untuk mendaki Gunung Rinjani, semua pengorbanan dan lelahmu akan terbayar lunas saat bisa meneropong keindahan Pulau Lombok dari ketinggian. Jadi, kalau kamu ngaku berjiwa petualang, kamu berarti harus mencoba untuk mendaki gunung yang satu ini. Segera cari tiket pesawat ke Lombok dan teruskan petualanganmu dengan menaklukkan puncak Rinjani.
Selamat berjuang!

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment