Lokasi Dan Tiket Masuk Mata Air Citaman Pandeglang

shares |

Lokasi Dan Tiket Masuk Mata Air Citaman - Provinsi Banten selama ini memang dikenal memiliki pantai pantai cantik nan mempesona. Sebut saja seperti Anyer, Carita hingga Pantai Tanjung Lesung. Namun siapa sangka, di Banten ternyata memiliki wisata mata air sejernih Unggul Ponggok di klaten jawa tengah. Tempatnya bernama mata air citaman yang mulai ngehits setahun belakangan. Airnya sangat menyegarkan, namun beberapa pengunjung merasa airnya cukup dingin. Bagaimana dengan kamu, berani coba?

Lokasi mata air citaman sendiri memang berada di kaki Gunung Pulosari, Pandeglang, Banten. Wajar jika airnya cukup dingin. Kendati demikian, tempat ini bisa jadi spot untuk merelaksasi fikiran yang sudah mulai stres karena kesibukan sehari hari. Bagi yang punya kamera underwater juga bisa sekalian hunting foto mengingat airnya yang super jernih. Gak harus kamera khusus sih, asalkan pakai water case juga bisa berfoto foto dibawah air. Suasana disekitar mata air citaman juga masih asri yang dipenuhi pepohonan rindang, bebatuan hingga persawahan hijau.

Lokasi Dan Tiket Masuk Mata Air Citaman Pandeglang
Tiket Masuk Mata Air Citaman Pandeglang

Fakta menarik lainya dari mata air citaman di Pandeglang ini adalah keberadaanya yang sudah lebih dari 2500 tahun. Yap mata air tersebut memang jadi situs purbakala dan sudah ada sejak zaman sebelum masehi. Kendati demikian, kejernihan air masih terjaga hingga saat ini. Asiknya lagi, lokasi mata air citama berada cukup jauh dari pemukiman warga. Sehingga suasananyapun cukup sunyi, jadi tempat yang asik untuk menenangkan diri. Namun untuk merasakan hal demikian, datanglah pada weekday. Sebab jika akhir pekan ada cukup ramai diserbu pengunjung.

Tak jauh dari mata air tersebut, kamu juga bisa menemukan situs bersejarah lainya. Situs tersebut bernama batu goong yang merupakan peninggalan umat budha zaman dahulu. Konon batu goong ini digunakan untuk bertapa para biksu. Tempat ini juga jadi saksi bisu, masuknya Islam ke Banten.

Alamat Mata Air Citaman Pandeglang

Sayang sekali jika kamu belum sempat mengunjungi tempat kece yang satu ini. Buruan gih langsung saja meluncur ke Desa Sukasari, Kecamatan Pulosari, Pandeglang. Ada tiga rute ke mata air citaman yang bisa kamu lewati. Pertama, berangkat dari pandeglang kota menuju kecamatan Jiput via jalan Mandalawangi. Kedua dari arah pantai Anyer atau Pantai Carita, dimana kalian bisa melewati jalan yang memotong menuju Jiput. Terakhir adalah dari menes melewati pasar jiput. Perlu diketahui, kendaraan tidak bisa sampai hingga lokasi mata air citaman. Setelah memakirkan kendaraan, dilanjutkan dengan jalan kaki melewati persahawan. Jadi sesuaikan sendiri ya outfit yang akan dikenakan.

Harga Tiket Masuk Mata Air Citaman

Tempat ini terbilang wisata murah meriah. Bagaimana tidak, setiap pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5 ribu saja. Selain itu bagi yang membawa kendaraan pribadi dikenakan biaya parkir Rp 5 ribu. Nah bagi anak anak ataupun yang takut untuk berenang tersedia ban pelampung yang bisa disewa seharga Rp 5 ribu. Adapun fasilitas fasilitas yang tersedia dilokasi wisata antara lain mushola, toilet, gazebo dan juga warung makan.
Lokasi Dan Tiket Masuk Mata Air Citaman Pandeglang

Satu hal lagi yang harus diperhatikan, tempat wisata ini merupakan warisan purbakala yang dilindungi oleh undang undang. Oleh sebab itu jangan membuat Vandal ataupun hal hal lain yang bisa merusak alam. Sudah sepantasnya sebagai traveller sejati harus selalu menjaga kelestarian alam agar keindahanya bisa terus dinikmati hingga anak cucu kita kelak.

Sekiranya cukup sikian dulu ya ulasan mengenai lokasi dan tiket masuk mata air citaman Pandeglang kali ini. Nah bagi yang mau mengeksplore Pandeglang lebih jauh lagi ada beberapa destinasi wisata keren lainya. Salah satunya adalah Taman Bunga BPI yang baru ngehits di instagram.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment