Rute, Lokasi Dan Tiket Masuk Curug Landung Patulungan Kuningan

shares |

Rute, Lokasi Dan Tiket Masuk Curug Landung - Kabupaten Kuningan menjadi salah satu alternatif destinasi liburan bagi warga ibukota. Dengan jarak tempuh sekitar 5 jam, sobat sudah bisa sampai di Kuningan. Berada di kaki Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat, Tentu saja Kuningan memiliki sejumlah wisata yang bisa kamu kunjungi. Seperti curug landung di Palutungan ini.

Curug Landung Palutungan sebenarnya sudah dibuka sejak 2003 silam. Hanya saja baru dibuka untuk wisata umum pada akhir 2016 lalu. Curug dalam bahasa setempat berarti air terjun, sedangkan landung memiliki arti tinggi. Jadi kurang lebih bisa diartikan sebagai air terjun yang tinggi, dan memang curug ini menjadi yang tertinggi di wilayah kuningan. Ketinggianya mencapai 30 meter dengan debit air yang cukup deras. Lokasi curug landung ini berada di aliran mata air Kopi Cilaja yang bersumber dari gunung ciremai. Oleh sebab itu, airnya cukup jernih dan menyegarkan. Air terjun landung juga masih satu aliran dengan curug putri yang berada di kawasan Bumi Perkembahan Palutungan.
Rute, Lokasi Dan Tiket Masuk Curug Landung
harga tiket masuk curug landung

Dibalik panoramanya yang memukau, Curug Landung ternyata memiliki cerita tersendiri. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, dulunya ada sepasang kekasih yang menikah. Pada saat prosesi pernikahan, mengadakan upaca adat dimana sepasang kekasih tersebut dimandikan di curug landung. Hal tersebut diharapkan agar pernikahanya langgeng dan lancar rezeki. Sampai sekarang masih banyak yang mempercayai hal tersebut, tak sedikit wisatawan yang datang untuk mencari keberkahan. Disamping itu, menurut penuturan sang pengelola air di curug landung memiliki banyak manfaat medis.
Rute, Lokasi Dan Tiket Masuk Curug Landung
rute ke curug landung kuningan

Kini curug landung palutungan telah berkembang pesat. Ada sejumlah spot foto instagramable yang dipasang di beberapa titik. Di antaranya ada sky wing atau yang biasa disebut ayunan langit, rumah hobbit, sarang burung, tower dari bambu, spot bunga matahari, dan beberapa spot lainya. Cocok banget buat kamu yang hobi berfoto. Jika ingin hasil maksimal, pilihan waktu sore hari yakni sekitar jam 3.

Lokasi Curug Landung Kuningan

Secara administratif, alamat curug landung tepatnya berada di Desa Ciastana, Kecamatan Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Kalau dari kota kuningan berjarak sekitar 9 km dan bisa ditempuh selama 30 menit perjalanan. Adapun jam buka curug landung mulai dari jam 8 pagi sampai 5 sore.
Rute, Lokasi Dan Tiket Masuk Curug Landung
spot foto balon udara

Tiket Masuk Curug Landung Palutungan

  • Tiket masuk dewasa : Rp 10.000,- / orang
  • Tiket Masuk anak anak: Rp 5.000,-/ anak
  • Parkir sepeda motor: Rp 5.000,-
  • Parkir mobil: Rp 10.000,-

Rute Menuju Curug Landung

Untuk menuju ke curug landung, kamu bisa mengikuti petunjuk jalan ke arah palutungan yang merupakan basecamp pendakian Gunung Ciremai. Dari taman kota kuningan, tinggal melewati jalan raya cigugur. Ikuti saja hingga sampai di resort cigugur (basecamp pendakian ciremai via palutungan). Dari sini masih ke atas lagi melewati jalan yang sama dengan jarak tempuh sekitar 1 km.
Rute, Lokasi Dan Tiket Masuk Curug Landung
spot foto instagramable
Itulah tadi informasi tentang lokasi serta tiket masuk curug landung palutungan. Jika belum puas, kamu bisa melanjutkan ke beberapa destinasi wisata di sekitar palutungan seperti bukit panembongan atau mampir ke cafe bergaya outdoor di bubulak food and view.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment