Berwisata ke Gua Kiskendo Yang Penuh Misteri

shares |

Gua kiskendo adalah sebuah obyek wisata yang berada di pegunungan menoreh dengan ketinggian 1200 meter diatas permukaan air laut.Obyek wisata ini terletak sekitar 35 km arah barat laut dari kota Yogyakarta.Ketika akan memasuki gua,maka anda akan suguhi sebuah relief yang mengisahkan pewayangan.
Berwisata ke Gua Kiskendo Yang Penuh Misteri, wisata jogja, gua kiskendo kulon progo, cerita subali di gua kiskendo,
Gua Kiskendo di Kulon Progo

Gua yang masih dianggap sebagai tempat keramat oleh masyarakat setempat ini terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.Menurut sebuah cerita gua keskindo merupakan tempat  
tinggal Raksasa Mahesasura yang berkepala kerbau dan Lembusura yang berkepala sapi.Dalam kisah pewayangan, di tempat ini terjadi pertempuran antara Subali Sugriwa dengan Mahesasura dan patih Lembusura yang menghuni goa ini.Di dalam goa Kiskendo ini terdapat banyak stalaktit dan stalagmit yang aneh namun indah bentuknya.Di dalam goa ini mengalir sungai di bawah tanah.Dalam cerita pewayangan, terjadi pertempuran antara Subali dan Sugriwa dengan Mahesasuradan Lembusura,sampai sungai tersebut mengalirkan air berwarna merah dan putih.

Obyek Wisata Gua kiskendo sebenarnya merupakan sebuah komplek yang terdiri dari beberapa tempat diantaranya :

  • Selangsur yaitu tempat pertempuran antara serdadu kerajaan kiskendo dengan subali.
  • Sepranji yaitu sebuah tempat yang digunakan sebagai peternakan pada zaman kerajaan kiskendo.
  • Babat Kandel, yaitu batu-batuan yang menyerupai usus perut manusia.
  • sawahan,yaitu tempat menanam padi.
  • Selumbung atau tempat penyimpanan makanan kerajaan kiskendo
  • gua seterbang
  • Lidah Mahesosuro yaitu berupa batu yang menyerupai lidah,konon batu tersebut merupakan lidah dari mahesosuro yang dipotong oleh subali agar tidak hidup kembali.
  • Kerato Sekandang,merupakan pusat kerajaan kiskendo dan disinilah tempat pertempuran subali melawan mahesosuro dan lembusuro.
  • Lumbung kampek,merupakan tempat penyimpanan barang-barang berharga dari kerajaan kiskendo.
  • Pertapaan santri tani,yaitu tempat yang digunakan untuk bertapa agar hasil tani melimpah.
  • Sumelong,berupa sebuah lubang yang bisa menembus ke atas.
  • Pertapaan Kusuman, yaitu sebuah tempat yang digunakan untuk bertapa agar memiliki derajat yang lebih tinggi.
  • Padasan,yaitu sumber mata air pada masa kerajaan kiskendo.
  • Pertapaan subali, yaitu sebuah tempat yang digunakan subali untuk bertapa sebelum perang melawan mahesosuro dan lembusuro.
Terlepas mau percaya atau tidak,yang jelas cerita tersebut dilukiskan dalam sebuah relief yang terletak di depan mulut gua.
Relief Di Depan Gua Kiskendo

Karena terletak di pegunungan,menjadikan udara disini sangat sejuk.Sepanjang perjalanan menuju Goa Kiskendo dapat menikmati pemandangan alam pegunungan yang mempesona. Memasuki gua Kiskendo, pengunjung akan disambut oleh keindahan stalaktit dan stalagmit seperti gua batu kapur pada umumnya.Beberapa fasilitas umum juga terdapat disini seperti toilet,tempat parkir yang cukup luas, serta sebuah joglo.

Untuk menuju lokasi Gua kiskendo sebenarnya sangat mudah.Apabila anda menggunaka kendaraan pribadi,dari tugu yogyakarta anda tinggal berjalan ke barat yaitu ke arah godean.Sampai dipasar godean,anda tinggal lurus terus ke arah barat hingga jalan mulai menanjak dan berkelok-kelok.Sesampainya di atas bukit sudah banyak terdapat plakat yang menuju gua kiskendo.




Related Posts

3 komentar:

  1. Di Kulon Progo ya, wajib kunjung nih. saya domisili sleman.

    ReplyDelete
  2. Saya udah pernah kemah disana 3hari 2malam.1992 waktu aku di SMA MUH BROSOT .Sudarmanto kelas AIII2 SMA MUH BROSOT Th 1992

    ReplyDelete