Menjelajah Gua Vertikal Di Gua Jomblang

shares |

Kawasan pegunungan karst di Gunung Kidul DIY, menyimpan ratusan gua. Salah satunya adalah Gua Jomblang. Gua yang terletak di Jetis Wetan, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul tersebut merupakan gua vertikal yang mempunyai kedalaman sekitar 80 m dari bibir gua. Dengan kondisi seperti itu maka tidak sembarang orang bisa memasukinya, karena harus mempunyai keahlian khusus yaitu Single Rote Technique (SRT). SRT adalah kemampuan untuk naik dan turun pada medan vertikal dengan menggunakan seutas tali. Oleh karena itu sebagian besar para pengunjungnya adalah para pecinta alam.
Menjelajah Gua Vertikal Di Gua Jomblang, gunung kidul, gua vertikal, wisata jogja, wisata alam,
cahaya masuk di gua jomblang gunung kidul

Gua yang berdiameter 50 m tersebut pertama kali dijelajah oleh Acintyacunyata Speleological Club atau yang lebih dikenal dengan SC, yaitu kelompok penyusur gua yang berasal dari kota Yogyakarta. DI era 1970-1980an gua ini dijadikan tempat pembunuhan massal anggota PKI. 
gua jomblang dilihat dari atas
Untuk mencapai dasar gua ini memang diperlukan usaha yang extra, akan tetapi semua rasa lelah terbayar lunas ketika masuk kedalamnya. Beberapa pohon tumbuh didasar gua, sedangkan pada dinding gua ditumbuhi oleh tanaman perdu. Pengunjung juga bisa menulusuri lorong yang menghubungkan Gua Jomblang dengan gua vertikal lainya. Untuk menulusuri lorong ini tidaklah sesulit ketika memasuki gua jomblang, karena sudah ada jalan setapak, akan tetapi juga harus tetap berhati-hati. Diujung lorong tersebut dua buah stalagmit besar telah menanti anda. Tak jauh dari stalagmit tersebut terdapat aliran sungai yang berasal dari Kali Suci.
Menjelajah Gua Vertikal Di Gua Jomblang, gunung kidul, gua vertikal, wisata jogja, wisata alam,
gua jomlang

Gua Jomblang ini dapat dicapai dari Kota Yogyakarta dengan menulusuri Jl. Wonosari, setelah sampai di Simpang Lima Wonosari anda tinggal menuju ke Kecamatan Semanu. Untuk menulusuri jalanan di Desa Semanu, para penjelajah disarankan untuk mengecek kendaraanya mengingat jalanan di desa ini masih berbatu.


Related Posts

1 komentar

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete