Legenda Candi Prambanan, Yang Didirikan Oleh Bandung Bondowoso

shares |

Candi Prambanan adalah salah satu mahakarya dunia yang ada di Indonesia. candi yang terletak di perbatasan jogja dan klaten ini memang terlihat eksotis. Jika sobat mendekat maka akan tampak relief yang memuat cerita ramayana. Dan jika sobat lebih cermat lagi juga ada berbagai relief burung. Candi ini memiliki luasan mencapai 39,8 ha dan terdiri dari dua halaman. Dihalaman pertama terdapat tiga candi utama yaitu Candi Siwa, Brahma dan Wisnu. Selain ketiga candi tersebut juga masuh terdapat candi lainya diantaranya dua candi apit, empat candi kelir dan empat candi sudut. Sementara di halaman kedua terdapat 224 candi.
Legenda Candi Prambanan, Yang Didirikan Oleh Bandung Bondowoso



Dibalik keindahanya Candi Prambanan memiliki legenda yang menyertainya.Menurut Legenda Candi Prambanan ini didirikan oleh Bandung Bondowoso. Konon ada seorang lelaki yang bernama Bandung Bondowso yang mencintai seorang perempuan yang bernama Roro Jonggrang. Namun ternyata si Roro Jonggrang tersebut tidak memiliki rasa dengan Bandung Bondowoso tadi sob. Dan akhirnya dia menolak cintanya Bandung Bondoso dengan cara yang halus. Roro Jonggrang akan menerima cintanya Bandung Bondowoso dengan satu syarat, yaitu dia meminta dibuatkan 1000  arca dalam satu malam, gile bener sapa yang bisa coba. Namun tak disangka Si Bondoso ini menyaguhinya. Menurut cerita dari masyarakat jawa, dia meminta bantuan para lelembut untuk menyelesaikanya. Dan naas bagi Roro Jonggrang, belum sampai satu malam ternyata sudah menyelesaikan 999 arca. Karena tidak mau dipersunting dengan bondowoso, akhirnya Roro Jonggrang mencari ide untuk menggagalkan Bandung Bondooso. Akhirnya dia meminta bantuan warga untuk menumbuk padi dan membuat api yang besar agar terlihat susana di pagi hari. Merasa dicurangi, Bandung Bondowoso pun marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke 1000. Terlepas dari benar atau tidaknya legenda ini, Candi Prambanan adalah warisan sejarah yang harus kita jaga.
Legenda Candi Prambanan, Yang Didirikan Oleh Bandung Bondowoso

Namun ketika sobat memasuki candi siwa, maka disana terdapat empat buah ruangan. Masing-masing ruangan terdapat satu arca yaitu Arca siwa Mahadewa, Arca Siwa Mahaguru, Arca Ganesya dan Arca Durga. Arca Durga inilah yang disebut-sebut sebagai arca dari Roro Jonggrang.Nah jika sobat tertarik untuk mengunjungi wisata sejarah ini sangatlah mudah, karena terletak di pinggir jalan raya jogja solo tepatnya diperbataasan antara jogja dan klaten jawa tengah.

Legenda Candi Prambanan, Yang Didirikan Oleh Bandung Bondowoso


Related Posts

0 komentar:

Post a Comment