Gua Baru Di Area Cave Tubing Gua Pindul

shares |

Gua Baru Di Area Cave Tubing Gua Pindul- Siapa sih yang gak kenal gua pindul ? Bagi warga yogyakarta gua pindul memang sudah sangat populer. Hal ini tak lepas dari sensasi petualangan yang ditawarkan oleh gua pindul. Di Gua pindul sobat bisa berpetualang dengan menggunakan karet ban mengikuti aliran sungai. Yang menarik aliran sungai tersebut akan melewati sebuah gua yang panjangnya hingga 300 meter. Kegiatan ini dikenal dengan cave tubing. Cave tubing sendiri merupakan gabungan dari body rafting dan caving.
Gua Baru Di Area Cave Tubing Gua Pindul
cave tubing di gua pindul


Gua Pindul terletak di desa bejiharjo, Karang mojo, Gunung Kidul. Semua kalanagan mulai dari anak-anak hingga dewasa pun bisa menikmati sensasi cave tubing. Akan tetapi untuk melakukan cave tubing harus menggunakan peralatan seperti head lamp, pelampung, life vast untuk alasan keamanan. Namun tenang saja karena semua itu sudah disediakan oleh pihak pengelola. di salah satu sudut gua pindul, terdapat sebuah cahaya yang dikenal dengan cahaya surga. Cahaya surga adalah sinar dari matahari yang masuk ke dalam gua melalui celah dari gua tersebut. Waktu yang tepat untuk menikmati cahaya surga sekitar pukul 10.00 pagi. Dengan membayar Rp30.000,00 sobat sudah mendapatkan semua peralatan cave tubing dan satu pemandu. 

Di dalam gua pindul terdapat ornamen-ornamen cantik seperti batu kristal, stalakmit, stalaktit. Kelelawar-kelelawar penghuni gua pun ikut ambil bagian dengan membuat lukisan alami di atap gua. Di tengah gua juga terdapat sebuah tempat yang menyerupai kolam, jadi sobat bisa beristirahat, berenang ataupun melompat dari ketinggian disini.

Gua Baru Di Area Cave Tubing Gua Pindul
Akhir-akhir ini warga disekitar gua pindul dihebohkan dengan penemuan gua baru di area gua pindul. Adalah seorang pria bernama Murdiyono, ketika sedang mengoperasikan backhoe untuk membuat lahan parkir yang menemukanya. Penemuan gua baru ini terletak di lahan milik purwanti (56). Gua baru tersebut mengeluarkan bau seperti gas, sehingga warga setempat belum berani untuk mendekat. Mulut gua memiliki diameter sekitar 3 meter. Ketika melakukan pengeprasan bukit untuk membuat lahan parkir, terdengar suara bergema dari dalam bukit tersebut. Sehingga diperkirakan di dalam gua baru di area gua pindul ini terdapat ruangan yang cukup besar. Pemilik lahan (Purwanti) sangat berharap gua baru ini akan menjadi obyek wisata baru. Pemerintah setempatpun langsung terjun ke lokasi untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang penemuan gua baru di area cave tubing gua pindul ini.

Related Posts

1 komentar

  1. sebenarnya dari sisi fisika dan geologi bagaimana sih keadaan goa-goa di gunung kidul? apakah benar-benar aman dari runtuhan, apabila semakin banyak orang yang berlalu lalang di atasnya?

    ReplyDelete