Gunung Papandayan, Gunung Untuk Pendaki Pemula

shares |

Gunung Papandayan, Gunung Untuk Pendaki Pemula- Aktivitas mendaki akhir-akhir ini memang banyak diminati. Jika sobat tertarik namun belum pernah melakukan pendakian sebelumnnya, ada baiknya untuk memilih gunung yang cocok untuk pendaki pemula. Ada beberapa gunung di jawa untuk pendaki pemula salah satunya adalah gunung papandayan. Jalur pendakian yang tidak begitu jauh dan terdapatnya sumber air di jalur pendakian membuat gunung papandayan cocok untuk pendaki pemula.
Gunung Papandayan, Gunung Untuk Pendaki Pemula
Gunung Papandayan, Gunung Untuk Pendaki Pemula
Gunung papandayan terletak di kabupaten garut jawa barat yang memiliki ketinggian Gunung bertipe stratovolcano ini dulunya mempunyai 4 kawah, namun setelah letusan pada tahun 2002 menjadi satu kawah besar yang bernama kawah mas. Untuk mencapai kawah tersebut sobat bisa mencapainya dengan kendaraan karena memang sudah ada jalan beraspal menuju kawah. Nah pendakian dimulai dari kawah tersebut, namun demikian masih butuh waktu sekitar 6 jam pendakian untuk mencapai puncak. 

Jalur Pendakian Gunung Papandayan

Setelah memarkirkan kendaraan dan membayar retribusi, perjalanan dilanjutkan dengan melewati pinggir kawah. Berhati-hatilah ketika melewati kawah karena ada beberapa bagian yang gembur. Setelah keluar dari area kawah sobat akan melewati jalanan yang cukup datar hingga sampai disebuah tempat yang luas bernama pondok saladah. Disini sobat bisa mendirikan tenda jika mau, beberapa pohon edelweis juga terlihat disini. Apabila ingin melanjutkan perjalanan maka sobat akan melewati punggungan dengan jurang disebelah kirinya. Setelah melewati kawasan hutan yang tidak begitu lebat sobat akan tiba disebuah alun-alun yang bernama tegal alur. Di ujung alun-alun tegal alur ada sebuah sungai kecil dengan airnya yang sangat jernih. Dari tegal alur perjalanan dilanjutkan menuju puncak. Di puncak sobat akan menemukan sebuah tiang sebagai penunjuk ketinggian dan juga pemandangan dari kawah mas. Ratusan pohon edelweiss terlihat cantik di sekitar puncak gunung papandayan.
Gunung Papandayan, Gunung Untuk Pendaki Pemula
Hutan Mati Di Gunung Papandayan
Salah satu tempat favorit di gunung papandayan adalah hutan mati yang letaknya di antara pondok saladah dan tegal alur. Beberapa pohon berdiri tanpa daun diatas tanah kapur yang berwarna putih. Hutan mati di gunung papandayan ini mengingatkan suasana di kawah putih yang ada di gunung patuha. Demikianlah sekilas tentang gunung papandayan, jika sobat seorang pendaki pemula sebaiknya melakukan pendakian di gunung papandayan terlebih dahulu.

Related Posts

1 komentar

  1. wow indah banget!!! apalagi hutan matinya. love indonesia. mampir y

    ReplyDelete