Asiknya Bermain Angklung di Saung Angklung Udjo Bandung

shares |

Saung Angklung Udjo- Berwisata ke Bandung tak melulu soal wisata alam seperti kawah putih, tangkuban perahu dll. Tapi cobalah untuk mengenal budaya sunda di Saung Angklung Udjo sehingga akan menambah rasa cinta terhadap kebudayaan indonesia. Sebuah tempat dimana permainan musik angklung akan berpadu dengan tarian tradisional.

Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo terletak di Jl. Padasuka No. 118, Bandung. Tempat ini adalah pusat kerajinan dari bambu yakni angklung dan juga ditujukan untuk laboratorium kependidikan dan pusat belajar tentang budaya sunda khususnya angklung. Angklung adalah sebuah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang dikembangkan dari alat musik bernama Calung. Calung sendiri berupa tabung dari bambu dan dibunyikan dengan cara dipukul. Sedangkan pada angklung ini cara membunyikanya dengan menggoyankan tabung bambu tersebut. Jadi pada setiap intrumennya hanya menghasilkan satu nada saja.Saung Anklung Udjo (SAU) didirikan pada tahun 1967 oleh Mang Udjo dan istrinya serta dibantu oleh Daeng Soetigma yang juga merupakan tokoh angklung.
Saung Angklung Udjo Bandung
angklung
Berdiri diatas lahan seluas 1,2 hektar Saung Angklung Udjo seolah menjadi oase kebudayaan di tengah padatnya perkampungan disekitarnya. Tak hanya sekedar memarkan alat musik angklung, di tempat ini juga digelar beberapa pertunjukan diantaranya:
1. Pementasan Wayang Golek
Wayang Golek yang berasal dari sunda ini menggunakan kayu yang dikemas sedemikian rupa sehingga mirip dengan manusia. Dalam setiap pementasan wayang golek di Saung Angklung Udjo ini selalu ada pesan moral yang disampaikan.
2. Tari Topeng
Tari topeng merupakan kebudayaan dari Cirebon. Biasanya tari topeng ini ditarikan oleh perempuan menceritakan tentang Layang Kumintir yang sedang melawan Prabu Menakjingga. Pengen tau seperti apa critanya? Datang sendiri aja dan saksikan pertunjukanya di Saung Angklung Udjo.
3.Angklung Orkestra
Tak hanya lagu-lagu sunda saja, tetapi lagu-lagu barat macam falling in love with you juga diiringi dengan angklung di Saung Angklung Udjo. Para penonton juga diajak untuk nyanyi bareng sehingga suasana pun menjadi hangat.
4. Bermain Angklung Bersama
Tak hanya menonton saja, sobat juga diajak untuk memainkan anglung secara bersama-sama. Setiap pengunjung akan diberi satu angklung. Setelah diberi penjelasan secara singkat dan jelas, sobatpun diajak untuk memainkan angklung secara bersama-sama dengan pengunjung lainya.
5. Menari Bersama
Di akhir acara anak-anak didikan Saung Angklung Udjo akan mengajak sobat untuk bersama. Seluruh penonton yang tidak saling kenal membaur menjadi satu untuk menari bersama. Benar-benar menjadi suasana yang bergitu hangat, heboh serta menyenangkan.

Pertunjukan di Saung Angklung Udjo
Belum puas dengan pertunjukan di Saung Angklung Udjo, sobat juga bisa menyaksikan pembuatan angklung secara langsung. Bahkan jika mau sobat juga bisa membeli anglung disini. Nah untuk tiket masuk di Saung Angklung Udjo ini adalah sebesar Rp80.000,00 untu wisatawan lokal dan Rp 100.000,00 untuk wisatawan manca negara. Jika akan mencapai tempat ini dengan kendaraan pribadi, pilihlah arah cipularang. Kemudian naik ke jembatan layang, ikutilah papan petunjuk ke Cicaheum. Kira-kira 100 meter sebelum Terminal Cicaheum, ada papan petunjuk menuju Jalan Padasuka. Dengan mengikuti petunjuak arah tersebut sobat akan sampai ke lokasi. Saung Angklung Udjo (SAU) menjadi sebuah tempat dimana kebudayaan lokal masih bisa bertahan di tengah desakan arus globalisasi. Disinilah sobat akan merasakan bahwa Indonesia memiliki kebudayaan yang luar biasa.

Related Posts

2 komentar:

  1. berkunjung ke saung udjo benar2 menawarkan seni budaya sunda yang kental dan mengajak kita bersama-sama memainkan alat musik sunda.

    ReplyDelete
  2. Saung Angklung Udjo tempat yang pas bagi kita yang ingin mengenal alat musik Angklung dari dekat serta mencoba untuk memainkan alat musik tersebut, disamping itu kita dapat menyaksikan pesona atau atraksi budaya lainnya seperti wayang golek, tari topeng, dolanan anak, berbagai cendera mata dengan tempat yang asri, parkir yang luas.

    ReplyDelete