Curug Cikaso, Destinasi Wisata Terindah Di Sukabumi

shares |

Curug Cikaso, Destinasi Wisata Terindah Di Sukabumi- Salah satu destinasi wisata di sukabumi yang cukup menyedot perhatian adalah curug cikaso. Curug Cikaso sebenarnya memiliki nama curug luhur, akan tetapi karena alirannya berasal dari sungai cikaso menjadikan curug luhur ini lebih dikenal dengan sebutan curug cikaso. Keindahan curug atau air terjun cikaso terletak pada ketiga air terjun yang menjadi satu. Setiap air terjun tersebut memiliki nama sendiri-sendiri. Lalu apa nama-nama air terjun di curug cikaso tersebut?

Curug Cikaso, Destinasi Wisata Terindah Di Sukabumi
Curug Cikaso, Destinasi Wisata Terindah Di Sukabumi

Lokasi Curug Cikaso 

Curug Cikaso terletak di Dusun Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Sukabumi, Jawa Barat. Curug Cikaso dapat ditempuh dari jampang kulon sekitar 15 km, dan sekitar 30 km dari ujung genteng.

Keindahan Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso terdiri dari tiga air terjun yang berdampingan, sehingga jika di total lebar curug cikaso mencapai 100 m. Curug cikaso memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Nah, ketiga air terjun di curug cikaso memiliki nama-nama sendiri. Dari yang paling kiri bernama curug asepan, curug yang berada di tengah bernama curug meong, sedangkan yang paling kanan bernama curug aki. Ketika sobat menapakan kaki disini, mungkin yang jelas terlihat hanya dua air terjun saja karena memang air terjun yang satunya tidak bergitu terlihat. Di sini sobat juga bisa mandi menikmati kesegaran air curug cikaso tepat aliran air terjun. 

Fasilitas Di Curug Cikaso Sukabumi

Di area curug cikaso terdapat 2 buah toilet dan beberapa warung makan. Sobat juga bisa membeli souvenir yang dijual di kios-kios sekitar curug cikaso.

Jalan Menuju Curug Cikaso 

Curug Cikaso, Destinasi Wisata Terindah Di Sukabumi
Menggunakan prahu menuju Curug Cikaso
Curug Cikaso ini dapat ditemuh dari sebuah kota kecil bernama Surade. Perjalanan dari surade dilanjutkan menuju pertigaan di jalan cikaso yang memiliki jarak tempuh 8 km atau sekitar 30 menit. Selanjutnya dari pertigaan tersebut perjalanan hanya bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju curug cikaso melewati pematang sawah sekitar 400 meter. Jika sobat tidak mau capek-capek sobat juga bisa menggunkan jasa sampan dengan harga sewa Rp 60.000,00 untuk 6 orang.

Menikmati perjalanan menuju curug cikaso dengan perahu kecil menjadi sebuah pengalaman yang mengasikan. Keindahan curug cikaso yang terlihat megah dengan ketiga air terjunya, pantas jika curug cikaso ini adalah tempat wisata terindah di sukabumi. Di kawasan curug cikaso sobat bisa menemukan curug lainya seperti curug calem, curug cikatomas, dan curug cingangsa.

Related Posts

2 komentar: