Gunung Pulosari, Gunung Yang Cocok Untuk Pendaki Pemula Di Daerah Banten

shares |

Gunung Pulosari Untuk Pendaki Pemula Di Daerah Banten- Kalau dari namanya memang sama dengan sebuah air terjun yang ada di daerah Pajangan Bantul yang juga bernama Pulosari. Namun kali ini saya akan membahas tentang sebuah gunung yang terletak di kabupaten Pandeglang, Banten. Kalau sebelumnya saya telah membahas tentang gunung yang cocok untuk pendaki pemula di daerah ciamis yaitu Gunung Papandayan, maka Gunung Pulosari ini saya rasa juga cocok untuk pendaki pemula. Ketinggian gunung yang hanya 1346 mdpl adalah alasanya. Untuk sampai ke puncak hanya dibutuhkan sekitar 3 jam saja. Selama perjalanan sobat akan menemukan beberapa tempat menarik seperti curug/ air terjun. pohon-pohon tropis, hingga kawah yang mengeluarkan belerang.
Gunung Pulosari Untuk Pendaki Pemula Di Daerah Banten
Gunung Pulosari  Di Daerah Banten
Gunung Pulosari di Banten adalah sebuah gunung berapi atau yang juga disebut stratovolkano. Meskipun demikian gunung ini tidaklah terlalu berbahaya. Gunung yang juga menjadi  saksi bisu tentang peradaban masa lalu banten ini memang tidak begitu populer, akan tetapi gunung pulosari menyimpan keindahan yang memukau. Sesampainya di gerbang Pulosari dengan membayar retribusi sebesar Rp 5000,- perjalanan kemudian dilanjutkan melewati jalanan yang menanjak dan berbatu. Beberapa pohon tropis dan kicauan burung akan menjadi teman selama perjalanan.
Gunung Pulosari Untuk Pendaki Pemula Di Daerah Banten
Curug Putri Di Gunung Pulosari
Setelah melakukan perjalanan sekitar 1 jam gemercik air mulai terdengar. Gemercik air tersebut bersumber dari sebuah air terjun yang bernama curug putri. Istirahatlah sejenak disini sambil menikmati kesegaran dari curug putri. Dinamakan curug putri karena konon katanya tempat ini digunakan untuk mandi para putri atau bidadari dari kayangan. Sebaiknya sobat mengisi botol yang kosong dengan air di sini, karena airnya begitu jernih sehingga bisa diminum. Apabila istirahat dirasa telah cukup, perjalanan bisa dilanjutkan kembali menuju kawah ratu gunung pulosari. Perjalanan dari curug putri hingga kawah ratu adalah sekitar 1 jam (jalan santai). Di kawah ratu ini terlihat beberapa kawah yang mengeluarkan asap yang berbau belerang. Sobat bisa mendirikan tenda disini, karena tempat ini merupakan tempat favorit untuk ngecamp. Hal menarik yang bisa dilakukan disini adalah memasak dengan memanfaatkan panas kawah. Caranya bisa dilakukan dengan memasukan mie atau telur dan air bersih kemudian dicelupkan ke dalam kawah. Nah sobat tinggal nunggu matang saja, sangat simpel dan menarik bukan? 

Gunung Pulosari Untuk Pendaki Pemula Di Daerah Banten
Puncak Gunung Pulosari
Dari kawah ratu di Gunung Pulosari ini setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam lagi untuk sampai puncak. Dari puncak inilah kita bisa melihat keindahan alam, yang membuat kita akan lebih bersyukur dan mengagumi kebesaran Sang Pencipta. Nah, demikianlah yang bisa saya sampaikan tentang Gunung Pulosari di Pandeglang Banten ini. Saya hanya bisa berpesan bahwa puncak bukanlah segalanya, namun menjaga gunung agar tetap lestari itu adalah hal yang harus ditanamkan di dalam diri pada siapapun ketika akan mendaki gunung seperti di Gunung Pulosari di Banten ini.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment