Lokasi Masjid Kapal Semarang, Masjid Nabi Nuh Yang Jadi Wisata Baru

shares |

Lokasi Masjid Kapal Semarang - Ibukota Jawa Tengah ini memang dikenal memiliki masjid yang megang dengan arsitektur yang unik yakni Masjid Agung Jawa Tengah. Namun belum lama ini di media sosial sedang ramai dengan foto foto masjid yang bentuknya seperti kapal. Masjid itu dikenal dengan Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh. Disebut demikian karena bentuknya seperti kapal dan menggambarkan kapal Nabi Nuh yang menyelematkan umatnya saat dilanda banjir bandang. Sebenarnya nama Masjid yang kini pembangunanya sudah sampai 90% itu bernama Masjid As Safinatun Najah.

 Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh semarang
 Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh Semarang
Bentuk masjid memang dirancang seperti kapal yang memanjang dan megah. Lantaran bentuknya yang unik, Masjid Kapal langsung viral di instagram. Bangunan masjid sendiri terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama adalah untuk ruang pertemuan, lantai kedua untuk beribadah dan lantai ketiga untuk balai kerja serta aktivitas mengajar. Luas masjidnya mencapai 2500 meter persegi dengan panjang 50 meter, lebar 17 meter serta tinggi 14 meter. Selain bentuknya menyerupai kapal, masjid ini juga dilengkapi dengan puritan, jendela berbentuk bulat, haluan dan beberapa aksesoris kapalnya.
Baca juga: 10 tempat wisata di semarang
Adalah Kyai Achmad, sang pemilik dari Kapal Masjid Nabi Nuh tersebut. Kyai Achmad menamainya dengan Masjid As Safinatun Najah. Kedepanya juga akan dibangun asrama putri di belakang, dan bangunan klinik di sebelah kirinya. Rencananya fasilitas klinik tersebut bisa dimanfaatkan oleh warga secara gratis. Sang pemilik bahkan akan menggratiskan bagi warga yang inign menggelar pertemuan, hajatan hingga resepsi pernikahan di Masjid. Selain itu dipinggir bangunan juga akan dibangun kolam air sehingga seperti di tengah lautan. Proses pembangunanya sudah berlangsung selama 1,5 tahun yang melibatkan 40 tukang dan menghabiskan dana sebesar Rp 5,5 milyar.
Lokasi Masjid Kapal Semarang
Lokasi masjid as safinatun najah semarang
Kedepanya, bukan tidak mungkin jika masjid kapal ini menjadi wisata religi. Sampai saat ini saja meski pembangunanya belum selesai sudah banyak para pengunjung yang ingin berfoto disekitar masjid. Kesan unik dan instagramable memang melekat pada Masjid As Safinatun Najah. Keunikan lainya adalah lokasi masjid kapal yang berada di area hutan dan sawah. Jadi pemandangan disekitar masjid menjadi daya tarik tersendiri.
Jangan lupa Menginap Di: Penginapan Murah Semarang

Lokasi Masjid Kapal Semarang

Alamat masjid kapal ini terletak Semarang Barat tepatnya di jl. Kyai Padak RT 5, Desa Podorejo, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa tengah. Jaraknya sekitar 15 km dari Bandara A. Yani. Lokasinya memang berada di pinggiran semarang dan terletak di tengah persawahan. Sang pemilik masjidpun berharap kedepanya ada perbaikan jalan menuju Desa Podorejo. Pasalnya akses jalan saat ini masih sempit.
lokasi masjid kapal semarang
Pengunjung masjid kapal semarang

Rute Menuju Masjid Kapal Semarang

Jika dari bnderan kalibanteng, berjalanlah ke arah barat menuju UIN Semarang. Setelah sampai BSB beloklah ke kanan. Rute lain yang bisa kamu lewati adalah dari Bandara Ahmad Yani melewati Pantura. Setelah sampai di pasar Jrakah beloklah menuju Ngaliyan. Sebelum sampai di Pemasyarakatan kelas 1 A kedungpane beloklah ke kanan. Susuri jalan tersebut, sekitar 10 km akan bertemu dengan pertigaan. Dari sini beloklah ke kiri melewati jalan Kyai pedak. Jika masih bingung, menemukan lokasi masjid kapal semarang, silahkan membuka google maps atau bisa bertanya ke masyarakat setempat.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment