Mengejar Sunrise Di Pantai Pangandaran

shares |

PETUALANGANKU-  Pantai Pangandaran adalah salah satu obyek wisata yang menjadi primadona di provinsi jawa barat.Pantainya yang landai dengan air yang jernih serta hamparan pasir putih yang memanjakan mata,menjadikan pantai ini tak pernah sepi pengunjung.Tidak hanya itu di pantai yang terletak sekitar 92 km dari kota ciamis tersebut, anda bisa menyaksikan keindahan sang surya ketika mulai menampakan sinarnya hingga tenggelam kembali di tempat yang sama. Yaps, Sunrise Di Pantai Pangandaraan ini memang menjadi magnit tersendiri bagi pengunjung, termasuk saya yang beberapa waktu lalu mengunjunginya.

Mengejar Sunrise Di Pantai Pangandaran, wisata pantai, pangandaran ciamis,jawa barat
sunrise pantai pangandaran

Pantai Pangandaran terletak di Desa Penanjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat.Yang membuat pantai ini istimewa adalah anda bisa melihat matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam juga (sunset).Hal tersebut dikarenakan lokasi pantai pangandaran yang berbentuk semenanjung atau daratan yang menjorok ke laut.Sehingga sewaktu pagi dari sisi sebelah timur dapat melihat terbitnya matahari (sunrise) dan sore harinya dari sisi sebelah barat dengan jarak tempuh yang tidak begitu jauh dapat melihat terbenamnya matahari (sunset).

Berbekal informasi tersebut, akhirnya beberapa waktu lalu saya bisa menikmati keindahan sunrise di pantai pangandaran. Berangkat dari kota tercinta Yogyakarta sayapun memacu kendaraan saya melewati jalur selatan Jogja-Purworejo-Kebumen-Banyumas (Wangon) dan berhenti di Cilacap (Wanareja). Karena hari sudah malam dan juga badan sudah lelah setelah menempuh perjalanan kurang lebih 6 jam sayapun bermalam disini menginap di rumah teman. Pukul 03.00 pagi, saya dan ketiga teman saya kembali melanjutkan perjalanan menuju pantai pangandaran. Setelah menempuh dua setengan jam perjalanan akhirnya kami sampai di pantai Pangandaran. Setelah membayar tiket,kamipun masuk ke bibir pantai. Dan tak lama kemudian sang mentari yang masih malu-malu menampakan sinarnya dan mulai terlihat dari ufuk timur di balik pegunungan.Subhanallah, sungguh pemandangan yang luar biasa. Dan tak berfikir lama sayapun langsung mengambil kamera untuk mendokumentasikanya.

Mengejar Sunrise Di Pantai Pangandaran, wisata pantai, pangandaran ciamis,jawa barat
saat-saat matahari mulai menampakan sinarnya

Petualangan di Pantai Pangandaran terasa lengkap,karena di kawasan Pantai Pangandaran terdapat beberapa tempat yang lokasinya berdekatan. Seperti cagar alam yang terletak tak jauh dari bibir pantai. Untuk memasuki cagar alam tersebut anda harus membayar tiket lagi seharga Rp 7.000,00 / orang. Di kawasan cagar alam ini terdapat beberapa gua, seperti gua jepang, gua panggung, gua parat dan gua-gua lainya.Namun hati-hati ketika melintasi kawasan cagar alam ini,karena disini banyak monyet-monyet yang siap merampas barang anda jika anda lengah.Puas mengitari kawasan cagar alam anda bisa kembali ke pantai untuk menikmati wahana banana boat.Untuk bisa menaiki banana boat ini anda harus membayar Rp 45.000,00.

Beberapa fasilitas lainya yang ada  disini adalah :

1. Lapang parkir yang cukup luas, 
2. Hotel, restoran, penginapan, pondok wisata dengan tarif bervariasi, 
3. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer, 
4. Gedung bioskop, diskotik 
5. Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata, 
6. Bumi perkemahan, 
7. Sepeda dan ban renang sewaan, 
8. Parasailing dan jetski.

Tertarik untuk mengunjungi obyek wisata yang satu ini ?? berikut adalah daftar harga tiket kawasan pantai pangandaran
1. Pejalan kaki – Rp. 2.500 / Orang
2. Sepeda Motor – Rp. 7.000 / Motor
3. Sedan/Sejenisnya – Rp. 14.200 / Mobil
4.  Minibus/Kijang – Rp. 27. 200 / Mobil
5.  Mitsubishi L300/Elf  – Rp. 40. 200 / Mobil
6.  Micro Bus/ Bus ¾ – Rp. 50. 000 / Mobil
7.  Bus Sedang – Rp. 79. 000 / Mobil
8.  Bis Besar – Rp. 130. 000 / Mobil


Jalan menuju pantai pangandaran sangatlah mudah, karena selain infrastuktur jalan yang memadahi, disetiap pertigaan atau perempatan sudah terdapat plang atau petunjuk arah untuk menuju pantai pangandaran

Demikian tadi cerita petualangan ketika mengejar sunrise di pantai pangandaran, selepas dari sini kamipun melanjukan perjalanan menuju Green Canyon atau Cukang Tanaeh.

Related Posts

2 komentar: